Penyuluh Agama Islam Kemenag Dairi Gelar Pembinaan Tilawah

BRNews - Kantor Urusan Agama Kecamatan Siempat Nempu Hulu (Sinehu) melalui Penyuluh Agama  melaksanakan Pembinaan bacaan tilawah Al-Qur’an yang di lakukan oleh anak-anak serta remaja bertempat di KUA Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Ahad (9/9).

Pembinaan tilawah ini di pimpin oleh Nurliasniati Lingga S.Ag selaku Penyuluh Agama Islam dan Hj. Daima Capah selaku Kepala MTsS Dairi. Pembinaan ini di lakukan secara bertahap yang di ikuti oleh anak-anak yang mau belajar dan tahap pemahamannya masih mendasar.

Dalam melakukan pembinaan, Nurliasniati mengatakan bahwa Pembinaan ini dilakukan guna melatih anak-anak agar lebih paham dan pasih dalam bacaan al-qur’an serta memberikan kepercayaan diri yang lebih kepada anak-anak dalam mengikuti lomba nanti.

Selain itu, dia juga mengungkapkan bahwa dalam bacaan tilawah Al Qur’an ada faktor penting yang harus diperhatikan yaitu penekanan bacaan tajwid harus pas karena pada umumnya tilawah ini sama seperti membaca Al Qur’an dengan bernada/berlagu namun percuma kalau kita hanya mengejar lagu tanpa memperhatikan tajwid. Ini merupakan satu kesalahan yang sangat besar. Untuk itu keduanya harus berjalan secara seimbang.

Ditempat yang sama Yajid Lingga selaku Kepala Kantor Urusan Agama  Kecamatan Siempat Nempu Hulu menyatakan, kegiatan tilawah ini rutin di lakukan dua kali dalam sebulan, Minggu pertama dan ketiga disetiap bulanya. 

Adapun peserta Tartil dan Tilawah berasal  dari beberapa jemaah yang ada di Kecamatan siempat Nenpu Hulu. Selain dari pada pembinaan yang ada di Kantor KUA, namun dibeberapa jemaahpun ada binaan dari penyuluh Non PNS yang ditempatkan wilayah kerjanya di Kecamatan Sinehu.

"Jadi, untuk menunjang serta mengoptimalakan, meningkatkan  mutu pendidikan Tartil dan Tilawah, kami selaku  Pembina sengaja mendatangkan tenaga Pembina khusus  Ibu Hj. Daimah Capah, S.Ag dari tingkat Kabupaten sekaligus pengurus LPTQ Kabupaten Dairi guna menjadikan anak-anak bisa, fasih membaca dan menghafal al-Qur'an secara baik dan benar sesuai dengan tajwid serta mampu mengindahkan bacaan dengan seni tilawah," ungkapYajid menambahkan. (kemenag sumut).

Post a Comment for "Penyuluh Agama Islam Kemenag Dairi Gelar Pembinaan Tilawah"