Warung Amal HKSN, Boleh Bayar Lebih, Boleh Makan Gratis

Warung Amal ini awalnya disebut gila karena satu porsi orang hanya bayar 3000, tapi boleh tidak bayar. (foto prokal.co).
BRNews - Warung Amal HKSN boleh dibilang nekat. Membuka rumah makan dengan konsep "eat as you can, pay as you wish." Bayar kurang tak masalah, bayar lebih juga oke.



Ide setengah 'gila' ini dicetus Muhammad Akbar Utomo. Bersama rekannya yang tergabung di Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) Kota Banjarmasin.

Lokasi Warung Amal tepat di samping Jalan HKSN, Banjarmasin Utara. Berseberangan dengan Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara. Rombong warung makan dibikin sederhana, tak ada tempat khusus. Cuma memakai halaman ruko. 

"Gerakan ini awalnya cuma berawal dari kegiatan kami berbagi nasi di jalanan. Dipikir-pikir, daripada begitu, lebih baik buka warung amal," ujar Akbar.

Menu makan Warung Amal cuma menyediakan nasi kuning. Dengan lauk telur, daging ayam, dan ikan haruan. Satu porsi dipatok tiga ribu rupiah. Namun, orang yang makan boleh bayar lebih, boleh bayar kurang, bahkan gratis. 

"Eat as you can. Pay as you wish. Utamanya buat fakir miskin. Kita gratiskan," kata dia.

Dengan harga sedemikian rupa, Akbar dan rekannya mengaku tak mencari untung. "Kan tujuannya cuma untuk beramal?"

Lantaran masih seumur jagung, Akbar jelas belum mampu membuka Warung Amal setiap hari. Warung baru dibuka dua kali.

Alasan lainnya: cekak duit sampai tenaga. Makanya, hanya dibuka setiap hari Jumat. Pukul satu siang hingga tiga sore. 

"Modal usahanya urunan dari teman-teman asosiasi pengusaha. Padahal untuk satu porsi makanan dianggarkan 10 ribu. Jadi kami subsidi 7 ribu" kata Akbar.

Setiap pekannya Akbar Cs mesti menyediakan 100 porsi. Proses menyiapkan makanan harus dari pagi buta. "Setelah salat Subuh, langsung berangkat ke pasar," tuturnya.


Ditanya ambisi ke depan, Warung Amal bakal dibuka setiap hari. Juga membuka cabang di masing-masing kecamatan. 

"Ini kan baru di Banjarmasin Utara. Ke depan, kita akan buka di masing-masing kecamatan," tukasnya.

Salah satu pembeli Warung Amal, Saidah mengaku konsep warung makan seperti ini harusnya bisa dilaksanakan lebih banyak lagi. "Lumayan buat bantu warga yang kurang mampu," tuntasnya. (prokal.co/at/dye). 

Post a Comment for "Warung Amal HKSN, Boleh Bayar Lebih, Boleh Makan Gratis"