MAN 1 Bantul Gelar Pengajian Bulanan di Warung Omah Sawah

BRNews - MAN 1 Bantul kembali melanjutkan pengajian rutin bagi keluarga besar guru/karyawan. Periode Agustus dilaksanakan di Warung Omah Sawah pada Ahad, 12 Agustus 2018.

Acara yang berlangsung hikmat tersebut mengambil waktu pukul 08.30 s.d. 11.30 WIB dengan menghadirkan Jauhar Mukhlis Salistyanta, S.Ag selaku Kasi Pais Kantor Kemenag Kabupaten Bantul.


Dalam tausiyahnya, Jauhar Mukhlis mengawali dengan mengingatkan bahwa bertambahnya umur selepas melewati masa tertentu akan berdampak pada berkurangnya fungsi jasamani. Maka kita perlu untuk menjaga kesehatan jasmani dengan olahraga dan istirahat yang cukup. Selain menyikapi kondisi jasmani, pertambahan usia harus dimanfaatkan untuk meningkatkan amal ibadah dan kualitas diri.

Selanjutnya Jauhar Mukhlis menyampaikan empat kunci supaya kita bisa meningkatkan kualitas diri. Pertama, tunaikan tugas dengan sebik-baiknya. Ketika kita sudah menyatakan diri menerima tugas yang dibebankan, maka tidak ada alasan untuk tidak menunaikan secara profesional.

Kedua, perbanyak berbuat ihsan. Maksud ihsan bukan hanya sekedar berbuat baik, namun baik dan pantas. Ketika ada sebuah garis dan untuk menjadikan garis tersebut tampak lebih pendek bukan dengan cara menghapus sebagain garis tersebut.

Namun kita perlu membuat garis yang lebih panjang, sehingga garis pertama akan nampak lebih pendek. Jangan pernah kita mengecilkan orang lain, namun yang perlu kita lakukan adalah menunjukkan bahwa kita bisa lebih baik.

Ketiga, mengupdate ilmu pengetahuan, terutama ilmu agama. Sebagai guru sekaligus sebagai orang tua dituntut untuk terus meningkatkan capaian pengetahuan, baik umum maupun agama.

Peran sebagai pendistribusi ilmu dan pembimbing pencari ilmu bisa berjalan dengan baik ketika sosok tersebut memiliki wawasan luas dan kekinian. Wawasan bisa ditingkatkan melalui aneka media, misal membaca buku, surat kabar, internet.


Keempat, bergaul dengan orang sholeh. Teman pergaulan akan wemarnai perjalanan kehidupan kita. Perlu bagi kita untuk bisa memilih teman pergaulan yan tepat, yaitu orang-orang sholeh.

Setidaknya ada empat kriteria orang sholeh, yaitu berakal, berkahlak baik, bukan orang fasik, dan tidak rakus dunia. Mari terus melangkah untuk meningkatkan kualitas diri. (kemenag bantul/arf).

Post a Comment for "MAN 1 Bantul Gelar Pengajian Bulanan di Warung Omah Sawah"