Bentuk Karakter Disiplin dan Sikap Santun, MTsN 3 Bantul Gerakkan 5S

BRNews - Gerakan 5S (Senyum Salam Sapa Sopan dan Santun) merupakan gerakan simpatik yang patut diteladani. Di sekolah atau madrasah, gerakan ini diyakini akan membentuk karakter disiplin dan sikap santun dari para siswa. 


Cara yang dilakukan memerlukan pengorbanan dari guru dan pegawai yaitu berangkat pagi setengah jam sebelum tanda masuk kelas berbunyi atau pukul 06.30. Para guru dan pegawai dengan pengaturan jadwal, pagi-pagi sekali berdiri di gerbang madrasah untuk memberikan salam senyum dan sapa disertai ucapan sopan dan santun kepada para siswa yang memasuki kompleks madrasah.

Demikian yang dilakukan MTsN 3 Bantul yang meyakini dengan program 5S mampu membentuk karakter disiplin disertai sopan dan santun menggerakkannya setiap pagi jelang berlangsungnya pembelajaran. 

Seperti terlihat pada Senin (30/7) Kepala MTsN 3 Bantul Sugiyono, S.Pd. memimpin langsung para anak buahnya untuk melaksanakan gerakan 5S di madrasahnya. Wajah ceria penuh semangat terpancar dari wajah-wajah mungil anak madrasah tsanawiyah negeri di Giri;oyo Imogiri tersebut ketika disambut senyum salam sapa dari bapak ibunya di madrasah.

Koordinator BK MTsN 3 Bantul Isti Bandini, M.Pd. adalah salah satu guru yang merasa tersanjung dengan program simpati di madrasahnya itu. Secara langsung atau tidak, program BK yang berupaya membentuk karakter santun dan simpatik akan terbantu dengan gerakan dari guru serta pegawai ini. 

“Kami guru BK menyambut baik program 5S ini dan berusaha untuk mendukung dan mempertahankan kekompakan guru dan pegawai menerima kedatangan para siswa dengan senyum salam dan sapa” tutur Isti. (kemenag diy/ist).

Post a Comment for "Bentuk Karakter Disiplin dan Sikap Santun, MTsN 3 Bantul Gerakkan 5S"