Data Valid Tentukan Pengembangan Perencanaan Program

BRNews - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Dr.H. Rusman Langke,M.Pd meminta kepada para pengelola data Madrasah untuk menghimpun data-data yang akurat dan valid. Sebab menurut Kakanwil, data yang valid dapat menentukan pengembangan perencanaan program. 


“Apalagi data tersebut berkaitan dengan sarana prasana Madrasah,” tegas Kakanwil saat menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Sistem Informasi Madrasah tingkat Provinsi Gorontalo di Asrama Haji, Kamis (29/3).
Didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Dra.Hj. Fitriyani Humokor,M.Pd.I, Kakanwil menjelaskan Data Madrasah adalah data yang menyajikan keadaan Madrasah yang ada di Provinsi Gorontalo. Untuk itu tuntutan akan data yang berkualitas dan tepat waktu sangat diharapkan sehingga tergambar secara real kebutuhan dari tiap Lembaga khususnya kebutuhan pendidikan di Madrasah.
Menurut Kakanwil, peran data dapat memudahkan perencaan tepat sasaran, membantu menentukan skala prioritas dalam pembangunan, sebagai dasar untuk mengambil keputusan yang tepat bagi pengambil kebijakan serta dapat membantu progress report dan evaluasi kegiatan yang telah berlangsung.
Dihadapan para peserta Bimtek, Kakanwil menjelaskan Pengembangan perencanaan program pendidikan yang baik selalu didasari data dan valid. Sebaik apapun aplikasi tidak ada gunanya jika tidak didukung data yang valid.
“Data yang masih bersifat mentah harus diolah agar menjadi informasi yang bermanfaat. Untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, data yang dikumpulkan harus akurat, konsisten, tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Kakanwil.
Sementara itu, Kabid Pendidikan Madrasah Fitriayani Humokor mengatakan tujuan Bimtek ini untuk membimbing para operator dalam menjalankan Aplikasi Sistem Data Madrasah Terpadu, sehingga mampu menjalankan aplikasi tersebut dengan baik.


Aplikasi Sistem Data Madrasah dilakukan untuk mem-backup kekurangan Aplikasi yang sudah digunakan sebelumnya sebelumnya. Aplikasi Emis dan Simpatika yang selama ini dijalankan ternyata masih ditemukan beberapa kendala seperti pendataan hanya dilakukan persemester.
“Sehingga perubahan data hanya dapat diketahui persemester. Sementara Aplikasi Sistem Data Madrasah Terpadu ini dapat diperbaharui setiap bulan secara offline,” pungkasnya. (kemenag gorontalo).

Post a Comment for "Data Valid Tentukan Pengembangan Perencanaan Program"