Tiga Isu Pokok Pembahasan Munas Forum Zakat

BRNews - Musyawarah Nasional (Munas) ke-8 Forum Zakat dibuka Menag Lukman Hakim Saifuddin. Munas yang  berlangsung tanggal 1-3 Februari ini mengangkat tema "Kerja Bersama untuk Gerakan Zakat Indonesia".

Ketum Forum Zakat Nur Efendi mengatakan ada tiga isu pokok yang akan dibahas dalam Munas. Pertama soal penguatan kolaborasi antar lembaga.
"Kami mengangkat tema kerja bersama karena ingin menguatkan budaya gotong-royong. Dengan kolaborasi yang susah menjadi mudah," ujarnya di Lombok, Kamis (01/02)
"Minggu lalu gerakan zakat bersama aliansi kemanusiaan Myanmar, mendampingi Presiden untuk membantu di sana. Ini bentuk konkrit gerakan zakat mengharumkan nama  bangsa di dunia," sambungnya.
Isu kedua terkait penguatan kapasitas amil zakat. Nur Efendi mengaku saat ini sudah melakukan proses sertifikasi Amil. Prosesnya sedang berlangsung di BSNP.
"Kami akan mendahulukan pimpinan lembaga amil zakat untuk sertifikasi sehingga akan menumbuhkan trust," ujarnya.
"Sertifikasi diharapkan juga bisa menyelesaikan gap potensi zakat di Indonesia," harapnya.
Isu ketiga adalah penyiapan regulasi yang menguatkan gerakan zakat. Menurut Nur Efendi, isi ini penting dalam rangka mewujudkan cita cita bersama, kesejahteraan Indonesia.
Munas ke-8 ini dihadiri 250 lembaga amil zakat dari Aceh hingga Papua. Selain itu, hadir juga pimpinan Forum Zakat wilayah dari Aceh hingga Papua. (kemenag.goid).

Post a Comment for "Tiga Isu Pokok Pembahasan Munas Forum Zakat"