Madrasah Juara Sekolah Sehat Nasional Ini Kenalkan UKS di Ajang IIEE

BRNews - Gelaran International Islamic Education Expo (IIEE) 2017 yang berlangsung di BSD City, Tangerang  dimanfaatkan MTsN 1 Payakumbuh untuk mengenalkan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) kepada pengunjung. MTsN 1 Payakumbuh adalah juara Sekolah Sehat Nasional tahun 2017 yang dilakukan Kementerian Kesehatan.


Kamad MTs 1 Payakumbuh Sahidin mengatakan, untuk mewujdukan sekolah sehat, perlu peran dan keterlibatan seluruh warga madrasah. Kepala madrasah dan guru harus menjadi teladan. Siswa lalu dikader sebagai duta kesehatan yang mengampanyekan berbagai hal menyangkut kesehatan dan kebersihan madrasah.
Kampanye kesehatan itu dilakukan kepada keluarga, warga madrasah, dan warga sekitarnya. Kampanye itu salah satunya dilakukan dengan memperkenalkan apa itu UKS lewat pameran seperti ini.
“Kami arahkan siswa berperan aktif untuk menjelaskan dan berbicara  tentang hal yang menyangkut upaya kesehatan yang dilakukan di madrasah. Dengan begitu, kehidupan yang bersih dan sehat melekat pada diri siswa sampai nanti,” jelas Sahidin di arena IIEE, Tangerang, Rabu (22/11) seperti dirilis kemenag.go.id.
“Di madrasah, kami juga diterapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dijadikan juga sebagai mata pelajaran muatan lokal sehingga dipelajari dan melekat di pikiran setiap siswa," ujar Annisa siswa yang aktif sebagai pengurus ekskul  UKS.
Menurut Annisa, MTsN 1 Payakumbuh juga menertibkan pembuangan sampah. Di setiap kelas, disediakan tempat sampah dan siswa diharuskan memilah sampah, kering dan basah. “Sampah yang terkumpul di bank sampah, lalu diolah menjadi kreasi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual,” lanjutnya.
Siswa kelas 8 ini menambahkan,  semua warga madrasah memiliki buku saku kesehatan yang digunakan untuk pengecekan dan deteksi awal kondisi kesehatan yang dilakukan secara rutin setiap bulannya.  Madrasah juga membuat  program gerai kawah daun. Yaitu,  pemanfaatan obat-obatan tradisional yang diproduksi dan diolah oleh siswa madrasah, dikemas dan dipasarkan. Salah satu produknya adalah  kemasan obat  herbal yang dijual di stand pameran. (kemenag|mnm).

Post a Comment for "Madrasah Juara Sekolah Sehat Nasional Ini Kenalkan UKS di Ajang IIEE"