Kemenag NTB Gelar Sosialisasi Juknis dan Format Data Emis

BRNews - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB  menggelar kegiatan sosialisasi juknis dan format pendataan  data emis Pakis di lingkungan Kemenag NTB.

Kakanwil Kemenag NTB H Nasaruddin saat membuka acara ini  mengatakan,  tujuan dari kegiatan pengelolaan data emis ini adalah untuk memperoleh data lembaga pendidikan Islam yang tepat waktu, akurat dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. 
"Tidak itu saja pengelolaan data emis ini juga menyediakan data dan informasi yang diperlukan dalam perumusan kebijakan dan perencanaan,” ujarnya Senin (18/9/2017).
 H Saifun Nasri selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan ada beberapa tujuan dari kegiatan tersebut. Antara lain untuk memperoleh data lembaga pendidikan Islam yang tepat, akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu juga untuk menyediakan data dan informasi yang diperlukan dalam perumusan kebijakan dan perencanaan. 
"Kita juga perlu menyamakan pemahaman sumber daya operator tentang pengelolaan data emis pakis tahun 2017," katanya.
Dalam kegiatan ini panitia mendatangkan narasumber dari Kemenag pusat. Hal ini dilakukan untuk melatih peserta tata cara memasukkan data yang baik dan benar. 
Nantinya, prinsip pendataan ini adalah terkait dengan akurasi. Data yang disajikan akan akurat jika ditunjang dengan sumber data yang akurat. ”Kalau tidak valid maka data yang dikumpulkan juga seadanya saja,” terangnya.
Ketua panitia menambahkan, sosialisasi ini juga bertujuan meningkatkan koordinasi antar pengelola data emis sehingga akhirnya dapat menyajikan data emis yang dapat diandalkan dan berkualitas serta memberikan bimbingan teknis terkait pemutahiran data emis dan penggunaan aplikasi kepada para pengelola data emis. (kemenag|mnm).

Post a Comment for "Kemenag NTB Gelar Sosialisasi Juknis dan Format Data Emis"