Siswa Siswi MTsN Baturaja Siap Hadapi KSM dan Aksioma 2017

Efriani Berty, S.Pd, Pembimbing KSM & AKsioma saat membimbing siswa/i yang akan mengikuti seleksi KSM & Aksioma Tingkat Kabupaten OKU, Rabu (12/4/2017). (foto kemenag sumsel)
BRNews - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) adalah rangkaian kegiatan perlombaan yang sudah menjadi agenda tahunan Kementerian Agama. Kegiatan ini  bertujuan untuk mencari bibit-bibit yang berkualitas sekaligus mengasah kemampuan dan menyalurkan bakat serta minat peserta didik dibidang ilmu pengetahuan, seni dan olahraga.

Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) serta Kompetisi Sain Madrasah (KSM) sangat berguna untuk menumbuhkan motivasi belajar serta meningkatkan prestasi siswa madrasah, baik di bidang akademik maupun non akademik.
Dalam rangka menghadapi ajang kompetisi tersebut, MTsN Baturaja sejak jauh hari telah mempersiapkan calon-calon peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut. Seleksi KSM-Aksioma Tahun 2017 Tingkat MTs se Kabupaten Ogan Komering Ulu rencananya akan digelar pada tanggal 22 April 2017 yang akan dipusatkan di MAN Baturaja.
Untuk menghadapi seleksi yang semakin dekat tersebut, para pembimbing KSM-Aksioma MTsN Baturaja mulai memfokuskan diri untuk lebih giat memberikan bimbingan, pengarahan serta pelatihan secara intensif agar nantinya siswa yang mewakili MTsN Baturaja dapat melaju ke tingkat Provinsi Sumsel dan Tingkat Nasional.
Kepala MTsN Baturaja Jamingu Salim, S.Ag ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/4/2017), menjelaskan, AKSIOMA dan KSM merupakan wadah bagi siswa madrasah yang memiliki bakat seni dan olahraga serta sains untuk berkompetisi secara sportif.
Melalui AKSIOMA dan KSM, tambah Salim, siswa madrasah bisa menyalurkan minat, bakat serta meraih prestasi. AKSIOMA dan KSM juga memberikan perhatian pada kekuatan jiwa, otot, otak dan seni dalam mengembangkan kreatifitas.
Selain itu, lanjut Salim, AKSIOMA dan KSM juga merupakan salah satu dari proses pembelajaran untuk berekspresi, bertindak sportif serta beraktualitas diri. Kegiatan ini juga ajang seleksi siswa di tingkat Kankemenag Kabupaten Ogan Komering Ulu untuk menghadapi kompetisi serupa di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel.
Salah seorang Pembimbing KSM, Efriany Berty, S.Pd saat ditemui disela-sela aktifitasnya membimbing siswa menyampaikan bahwa dalam menghadapi seleksi KSM dan Aksioma, dari awal tahun sudah mulai mengadakan penyaringan siswa yang memiliki kemampuan dibidang ilmu pengetahuan dan agama. "Insya Allah mereka yang sudah ditunjuk ini akan siap berkompetisi mewakili MTsN Baturaja pada saatnya nanti," ungkap Berty.
"Mereka diharapkan bisa maju hingga ditingkat Nasional, walaupun sulit tapi kami akan tetap selalu berusaha, apapun hasilnya yang penting tidak putus asa," pungkas Berty. (mnm|kemenag sumsel)

Post a Comment for "Siswa Siswi MTsN Baturaja Siap Hadapi KSM dan Aksioma 2017"