Wapres Jusuf Kalla Resmikan Asrama Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang


Wapres Jusuf Kalla di Ponpes Nahdlatul Ulum. (foto: kemenag)

BRNews - Dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Selatan, Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan gedung asrama baru rumah susun Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang Kab. Maros, Sabtu, 21 Januari 2017.

Acara peresmian ini dihadiri sejumlah pejabat Tinggi di Republik Indonesia dan Prov. Sulsel selain Wapres RI dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, diantaranya Menteri pariwisata, Dirjen Perumahan Rakyat Pada Kementerian Pekerjaan Umum, Anggota DPR dan DPD RI, Gubernur Sulsel, Pangdam VII Wirabuana, Kapolda Sulsel Anggota DPRD Sulsel, Ka.Kanwil Kemenag Sulsel, Bupati dan Unsur Muspida Kab. Maros dan tokoh Masyarakat dan Agama Di Sulsel.
Acara yg dilaksanakan di Aula Palaguna ini dihadiri oleh Ribuan Undangan dan Ratusan Santri dan Santriwati Ponpes Nahdlatul Ulum, serta pengurus Wilayah dan cabang NU se Sulsel.
Wapres Jusuf Kalla dalam arahannya menekankan pentingnya pendidikan model pondok pesantren, karena didalamnya selain untuk menimba ilmu, juga ada pelajaran berupa hikmah, kebijaksanaan dan elaborasi nilai nilai lokalitas yg berbasis agama dari para Alim Ulama dan Anregurutta bisa diperoleh, dan hal ini susah diperoleh dari bangku sekolah apalagi dari internet saja.
Wapres juga prihatin dari segi keilmuan dan kemampuan duniawi.  “Kita di Indonesia masih ketinggalan dari negara negara lain, khususnya ilmu terapan, oleh karenanya pesantren harus menangkap ini sebagai sebuah tantangan untuk Santri Santri kita ke depan. Bila ilmu terapan dipadukan dengan ilmu agama, maka yakin Indonesia ke depan semakin jaya,” kata Wapres.
JK juga menegaskan agar pesantren bisa tetap mempertahankan nilai nilai Islam yang Washatiyah (Moderat) yang menjadi ciri dari Islam di Indonesia.
Ilmu baik agama maupun umum sekarang bisa diperoleh di mana saja. Hal itu berkat perkembangan teknologi. Kita bisa belajar tafsir dan hadits di rumah atau di mana saja. Yang tidak dapat diperoleh dengan cara seperti itu adalah akhlak.
“Akhlak hanya dapat diperoleh lewat bimbingan ulama. Pesantren lah tempat yang tepat un membina akhlak. Karena itu kita harus berterima kasih kepada para ulama yang membina pesantren. Pesantren memberikan ilmu dan akhlak secara seimbang,” jelas JK.
Gubernur Sulsel H. Syahrul Yasin Limpo menyampaikan terima Kasih dan kesyukurannya atas kunjungan Wapres RI di tempat kelahirannya. Hal ini juga menunjukkan bahwa  JK tetap peduli dengan rakyat Sulsel Khususnya bagi peningkatan kualitas pembangunan di bidang sosial keagamaan.
Gubernur juga menyinggung soal gencarnya rakyat kita diserang oleh berita berita hoax yang cukup meresahkan dan mengganggu sendi sendi kehidupan sosial masyarakat kita, oleh karena itu pesantren sebagai salah satu pilar utama di masyarakat diharapkan bisa menjadi filter yang positif.

Seusai acara, Wapres Jusuf Kalla bersama seluruh Undangan bergeser meninjau Asrama Santri berbentuk Rumah Susun yang telah rampung pengerjaannya dan siap untuk dimanfaatkan. Ibu Wapres Hj. Mufidah Jusuf Kalla diberikan kehormatan melakukan Pengguntingan Pita sebagai simbol Asrama tersebut siap digunakan dan dimanfaatkan. (kemenag sulsel).


Post a Comment for "Wapres Jusuf Kalla Resmikan Asrama Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang"