Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah Berakhir, Inilah Juaranya

Menag Lukman foto bersama para juara Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016. (foto: kemenag|danil)
Baiturahman News -  Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah Tahun 2016 Senin (31/10/2016) malam ditutup Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Event kedua kalinya yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen ini digelar di Mall of Indonesia, Jakarta Utara.

"Kita boleh saja bermimpi, namun setidaknya impian itu merupakan penyemangat dalam menjalani kehidupan kita dalam mengembangkan potensi yang kita miliki. Awal inovasi dan kreatifitas seseorang di awali dengan mimpi," kata Menag, Senin (31/10) seperti dirilis situs kemenag.go.id.
"Dengan kita sering bermimpi, akan semakin terasah potensi kita. Karena semua penemuan di dunia ini merupakan karya cita tangan manusia yang bermula dari impian, tidak datang begitu saja," tambahnya.
Kepada para peserta, Menag berpesan bahwa robot yang bertindak seperti manusia bukanlah ancaman, tetapi jika manusia bertindak seperti robot, itu baru ancaman.
Penutupan festival dan kompetini ini ditandai dengan penekanan tombol sirine melalui layar. Para pemenang juara 1, 2, dan 3 dari setiap tingkatan dihadiahi uang jutaan rupiah. Selain itu, untuk juara 1 tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) diberi hadiah satu set robot, sementara untuk juara 1 tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) diberi hadiah wisata ke Jerman.
Acara itu diikuti oleh 90 peserta yang lolos seleksi dari ratusan siswa yang mendaftar, peserta dibagi menjadi 45 tim, satu tim berjumlah dua orang dari setiap jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).
Sebelumnya, melihat animo madrasah yang tinggi untuk ikut dalam kompetisi ini, Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan berkomitmen menambah anggaran penyelenggaraan kegiatan ini di masa mendatang. "Kami akan memperjuangkan agar kegiatan ini bisa dilaksanakan secara maksimal di tahun depan. Bisa mengakomodir seluruh madrasah yang memiliki minat di bidang robotik," ujarnya.
Berikut para juara Festifal dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016 di tiap kategori:
Kategori Design Robotik Tingkat MI
MI Madrasah Pembangunan UIN Jakarta_Juara I
MIN Demangan Madiun_Juara II
MI Wahid Hasyim Yogyakarta_Juara III
Kategori Robot Strategi Tingkat MTs
MTsN Kediri II_Juara I
MTsN Kota Bandung_Juara II
MTsN Yogyakarta_Juara III
Kategori Mobile Robot Challenge Tingkat MA
MAN Insan Cendikia Gorontalo_Juara I
MAN 3 Tanggerang_Juara II
MA 2 Model Medan_Juara III
(mnm|kemenag)

Post a Comment for "Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah Berakhir, Inilah Juaranya"