Sebanyak 506 Guru PAI Bogor dan Depok Ikuti Pretest Pendidikan Profesi Guru


Foto Inmas Cibinong

Sebanyak 506 Guru PAI mengikuti seleksi akademik (Pretest) Calon Peserta PPG PAI Dalam Jabatan Tahun 2019 yang dilaksanakan selama 2 hari, pada  Senin - Selasa, 4 - 5 Nopember 2019, di gedung MAN 1 Bogor, Cibinong. Peserta preetest  berasal dari Kota Depok 97 orang, Kota Bogor 31 orang dan Kab Bogor sebanyak 378 orang.
Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kemenag Kabupaten Bogor H. Romdon Selaku Tuan Rumah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Barat yang menetapkan Kantor Kemenag Kabupaten Bogor sebagai Tuan Rumah penyelenggaraan kegiatan preetest.
Romdon selanjutnya  berharap peserta preetest bisa lulus semua. Pretest, katanya, merupakan bagian proses peningkatan mutu dan meningkatkan kesejahteraa Guru Pendidikan Agama Islam.  peserta Kab Bogor terdiri dari  guru Tingkat SDLB 1 orang,  TK 8 orang, SD 217 orang, SMP 95 orang, SMA 30 orang dan SMK 30 0rang.
Kepala Seksi  PAI SMA/SMK Bidang PAIS Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Barat H. O. Dadan Farid mengatakan, pihaknya sebagai petugas tim monitoring dan pemantau pelaksanaan preetes  di MAN 1 Bogor, ini   untuk memberikan  agar guru-guru  di Jawa Barat,  guru PAI   memenuhi pada kebutuhan  guru yang ada di sekolah mulai tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.
”Oleh sebab itu, dengan adanya PPG diharapkan Guru PAI memiliki legalitas formal untuk mengabdi menjadi guru Pendidikan Agama Islam di sekolah yang nota bene hampir sekolah-sekolah negeri ini untuk level Jawa Barat  kurang lebih kekurangannya  90.000  guru agama  kosong," kata Dadan seperti dilansir Diskominfo Kab. Bogor.
"Oleh sebab itu, katanya, dengan adanya PPG diharapkan bisa megisi  kekosongan guru  dengan guru-guru yang telah bersertifikat. Selain itu,  dengan adanya program PPG guru-guru  juga dalam bekerjanya dengan aman, nyaman  dan sejahtera. 
Karena PPG ini akan mengantarkan kepada tunjangan profesi atau sertifikasi, kalau dulu sistimnya itu memberikan tidak dalam sistim pendidikan tetapi dalam sistim pelatihan atau diklat,  kalau sekarang sudah masuk sistim pendidikan. Jadi PPG itu adalah untuk mencetak guru yang profesional memenuhi dari pada kompetensi yang diharapkan oleh pemerintah, terutama kompetensi yang ada di lingkungan pendidikan agama islam," tambahnya.
Oleh sebab itu pihaknya berharap peserta pretest yang diikuti peserta dari Depok, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor,  semuanya lulus  dan mengikuti PPG untuk 1 tahun. Untuk program 1 tahun dan setelah itu juga mereka mendapatkan sertifikat  dan berhak untuk mendapatkan tunjangan sebagai profesiu guru yang sudah tersertifikasi melalui program PPG. (ulul).

Subscribe to receive free email updates: