Sambut 1 Muharam 1441 H., PHBI Kota Banjar Agendakan Pawai Kendaraan


Rapat penyambutan tahun baru Islam 1 Muharam 1441 H (Kemenag Banjar)
Berakhirnya kalender Islam Tahun 1440 Hijriyah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Banjar Prov. Jabar gelar rapat persiapan menyambut tahun baru Islam pada 1 Muharam 1441 Hijriyah di Aula Rapat Setda Kota Banjar, Kamis lalu (29/8).


Hadir dalam rapat tersebut, Sekda Kota Banjar, Kapolres, Ketua MUI, Ketua DMI, Ketua BKMM dan seluruh Pengurus PHBI Kota Banjar.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjar, ex officio Ketua PHBI Kota Banjar, DR. H. Badruzaman, M.Pd. menyampaikan, penyelenggaraan tarhib muharam akan dilaksanakan sebagaimana kegiatan yang biasa dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya di Kota Banjar.
“Kegiatan yang dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya selalu diisi dengan pawai kendaraan. Nah tahun ini pun kita akan melaksanakan peringatan 1 Muharam dengan pawai kendaraaan roda dua dan roda empat mengelilingi seluruh wilayah Kota banjar,” tutur Badruzaman.
Untuk memeriahkannya, lanjut Badruzaman, kita berharap semua lapisan dapat ikut berpartisipasi mengirimkan peserta pawai mulai dari unsur Dinas, intansi, lembaga-lembaga, ormas islam, dan juga siswa siswi sekolah.
“Yang terpenting adalah Syi’arnya. Tentunya kita semua mengharapkan khususnya umat islam tau adanya pergantian tahun Hijriyah,” tegasnya.
Pawai tarhib muharam akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 4 Muharam 1441 Hijriyah atau tanggal 4 September 2019 pukul 06.30 WIB dengan start finish di Alaun-alun Kota Banjar.
Kapolres Banjar, AKBP Yulian Perdana, SIK, dalam kesempatan yang sama menyampaikan himbauan, agar dalam pelaksanaan pawai kendaraan ada kesepahaman bersama antara panitia pelaksana dengan pihak keamanan untuk meningkatkan ketertiban lalu lintas dan keamanan bagi peserta pawai.


“Kami siap membantu dalam pengawalan juga menjaga keamanan para peserta pawai. Titik-titik yang dianggap rawan, akan kami siapkan personil untuk penjagaan,” ujar Kapolres.
Untuk itu, lanjut Kapolres, kami minta dari panitia penetapan rute pawai dan perkiraan jumlah peserta pawai agar kami bisa menganalisis untuk persiapan tim keamanan kami dilapangan.
“Kami berharap panitia untuk terus berkordinasi dan komunikasi melaporkan setiap waktu kepada pihak kami,” tegas Kapolres. (kemenag banjar).

Subscribe to receive free email updates: