MBK, Ajang Asah ASN KUA Sebagai Ujung Tombak Kemenag

Kemenag Wonosobo
BRNews.id - Sebanyak 30 peserta yang terdiri dari Kepala KUA dan penghulu di 15 kecamatan di Wonosobo mengikuti Musabaqoh Bahtsul Kutab (MBK), Selasa (14/05/2019).



Acara ini digelar di Aula Kantor Kemenag Wonosobo tersebut dihadiri oleh DR. Asyhar Kholil, LC, MA, KH. Warodi Mukodam dan Abdul Mutolib.

Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Wonosobo, H. Mahbub mengatakan, acara ini mengambil tema 'peran penghulu dalam meningkatkan wawasan keilmuan Islam dalam pelayanan di KUA Kecamatan yang terbaik'. Diharapkan melalui kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas para penghulu di lingkungan Kantor Kemenag Wonosobo.

"Acara yang digelar secara periodik setiap tahun ini dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan KUA. Harapan saya selaku ketua pelaksana kegiatan ini suapaya kepala KUA maupun penghulu mampu mendapatkan materi administrasi secara negara maupun materi fiqih munakahat. Sehingga bisa sebagai bekal meningkatkan mutu pelayanan KUA," jelasnya.



Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Wonosobo, M. Thobiq berharap agar semua peserta tidak hanya mendapatkan materi saja, namun diakhir acara supaya aktif dalam sesi tanya jawab dengan narasumber. Sehingga materi yang didapat pembahasannya akan meluas.

"Apabila pembahasan materinya meluas dan mendalam maka bisa meningkatkan pengetahuan para kepala KUA dan Penghulu sehingga akan membawa dampak positif, yaitu meningkatnya pelayanan di KUA setiap kecamatan di Wonosobo," ungkapnya.

Selan itu, dengan adanya acara ini, pihaknya berharap agar semua peserta mampu mempraktekkan materi yang didapat dengan pemahaman masing-masing. Kemudian nantinya di rumuskan bersama sesuai dengan aturan Kementerian agama yang berlaku, sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi dan pelayanan yang seragam serta merata di setiap KUA yang ada di Wonosobo.

"Penghulu ini merupakan salah satu ujung tombak dari Kemenag karena penghulu memiliki hubungan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan ini semoga memotivasi penghulu agar dapat lebih mantab dalam memberikan pelayanan," pungkasnya. (kemenag wonosobo/alfa).

Subscribe to receive free email updates: