Ini Tradisi di Rawamerta Jika Tiba Malam ke 15 Bulan Ramadhan

inmas karawang
BRNews.id - Pada Ahad malam (19/05) atau malam ke 15 bulan Ramadhan 1440H,  di Mushola Nurul Hikmah yang berlokasi di Dusun Rawagede 2 Desa Balongsari Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang Jabar terasa berbeda dari biasanya.


 Di mushola ini lah salah satu PAI non PNS Kecamatan Rawamerta, Yayah Nurasiah biasa melaksanakan Shalat Tarawih.

Jamaah  berkumpul bahkan terlihat membawa perbekalan dari rumah masing-masing. "Ini tradisi bikin ketupat, dalam rangka syukuran memasuki separuh bulan Ramadhan, biasanya dilaksanakan malam ke 16, tapi di mushola ini dilaksanakan malam ke 15 supaya ada jeda waktu satu malam ke malam Nuzulul Qur'an, karena pada malam ke 17 pun kami mengadakan syukuran," ucap Yayah menjelaskan.

Yayah menilai dengan tradisi seperti ini dapat menjaga silaturahmi antar masyarakat, "Sholat Taraweh itu kan hanya dilaksanakan di Bulan Ramadhan saja, dari dua belas bulan hanya satu bulan dilaksanakan, jadi harus istimewa, jangan sampai disia-siakan karana belum tentu tahun depan dapat kita lalui," tutur Yayah menutup obrolan.

Pada acara ini setiap jamaah membawa hidangan berupa sayur ketupat dan makanan yang lainnya, seusai shalat Tarawih dan berdo'a jamaah saling mencicipi hidangan yang dibawa, saling bertukar makanan. Turut hadir dalam kegiatan malam itu ketua MUI Desa Balongsari, Ust. Nurjaya. (kemenag karawang).

Subscribe to receive free email updates: