Kemenag Gelar Orientasi Sistem Informasi Pengelolaan KUA

kemenag bonbol
BRNews.id - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menggelar  Orientasi Sistem Informasi Pengelolaan Kantor Urusan Agama (KUA) yang diikuti 30 orang terdiri dari pegawai pelaksana di lingkungan Kankemenag Kabupaten Bone Bolango (Bonbol) di Aula Kankemenag Bonbol, Jumat lalu(21/12/18).


Kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut dibuka Kepala Kankemenag Bonbol, Drs. H. Suleman Tongkonoo, M.HI, didampingi Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Ishak Husain, S.HI, MH serta menghadirkan narasumber dari Penyelenggara Syariah Kemenag Kabupaten Bonbol serta Dosen Teknik Universitas Negeri Gorontalo.

Dalam kesempatan tersebut Kakankemenag Bonbol, menyampaikan pentingnya kegiatan ini karena pengolahan data yang tepat akan menghasilkan manfaat yang besar bagi suatu instansi jika diolah dengan benar.

“Kegiatan ini penting mengingat Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan pusat pelayanan masyarakat dibidang keagamaan, tentunya membutuhkan informasi-informasi untuk mengefesien dan mengefektifkan proses yang ada didalamnya,” tuturnya.

Selanjutnya, H. Suleman Tongkonoo mengharapkan kepada pegawai pelaksana Jabatan Fungsional Umum (JFU) yang membidangi admistrasi dan pengelolaan data harus memperbaharui informasi dan terus mengikuti perkembangan tekhnologi.


"Mengingat perlunya suatu sIstem pendukung informasi yang mampu mengolah data secara efektif, saya berharap agar JFU tidak tertinggal dalam pelayanan KUA dan terus memberikan wajah baru dengan pemanfaatan teknologi sebagaimana pada Sistem Informasi Manajemen Bimas Islam (SIMBI),” pungkas Kakankemenag.

Ketua Panitia Wisna Djakaria, S.Sos. mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada pelaksana administrasi dalam pengelolaan system informasi di KUA.

“Kita berharap, kegiatan ini akan menjadikan JFU dapat mengenal dan memahami pengelolaan aplikasi SIMBI yang didalamnya terdapat berbagai aplikasi, diantaranya Sistem Informasi Manajeman Nikah (SIMKAH), Sistem Informasi Manajeman Zakat (SIMZAT), Sistem Informasi Manajemen Penerangan Agama Islam (SIMPENAIS) dan lain sebagainya,” tegasnya. (kemenag bonbol).

Subscribe to receive free email updates: