MAN 3 Agam Laksanakan Pra UNBK Secara Mandiri

MAN 3 Agam gelar pra UNBK di kampus sendiri. (kemenag sumbar)
BRNews.id - Kemandirian Madrasah dalam penyelenggaraan UNBK di tempat sendiri Tahun 2018 menjadi prioritas untuk dicapai oleh Madrasah di Kabupaten Agam. Betapa tidak, pada pelaksanaan UNBK tahun 2017 lalu tercatat hanya MAN Kubang Putih (MAN 3) yang melaksanakan UNBK di kampus sendiri.

Padahal jumlah Satker Madrasah negeri yang ikut UNBK di Kabupaten Agam adalah 18 Madrasah dari total 26 Madrasah Negeri yang ada.

Kepala Kantor Kemenag Agam H. Edy Oktafiandi yang memantau secara langsung pelaksanaan Pra UNBK di MAN 5 Agam Senin pagi (19/11) mengungkapkan bahwa tekad Madrasah untuk menggapai kemandirian dalam pelaksanaan UNBK kita dukung penuh. Walaupun terdapat berbagai kekurangan dan kendala dilapangan itu adalah hal wajar sebab masih hal baru dan butuh waktu untuk penyempurnaannya.

“Sesuai dengan jargon madrasah yaitu madrasah hebat bermartabat maka Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah yang ada di Kabupaten Agam berpacu bergiat diri untuk dapat melaksanakan UNBK secara Mandiri. Kepala Madrasah dengan segala upaya mengusahakan yang terbaik bagi peningkatan mutu pendidikan di Madrasah masing-masing. Salah satunya adalah pelaksanaan UNBK secara mandiri,” ungkap Edy seperti dilansir web Kemenag Prov. Sumbar.

Kepala MAN 5 Agam Isrizal mengungkapkan bahwa saat ini MAN 5 pertama kali melaksanakan Pra UNBK di Kampus Sendiri. Pada tahun lalu Pra UNBK dan UNBK MAN 5 Agam menumpang di SMKN 1 Lubuk Basung.

“Tahun ini kita bertekad untuk melaksanakan Pra UNBK serta UNBK dengan Sarpras sendiri dan di Kampus sendiri. Sebab menumpang di Sarpras Sekolah atau Kampus Lain justru biayanya lebih besar dan kalau tidak kita mulai dari sekarang maka entah kapan kita akan bisa mandiri dalam arti yang sesungguhnya dalam pelaksanaan UNBK. Padahal MAN 5 secara Akreditasi memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional,” terangnya.

Isrizal juga menjelaskan bahwa MAN 5 Agam tahun ini memiliki peserta didik kelas XII sebanyak 43 orang. Ditambah 3 Madrasah KKM yaitu MAS Nurul Yaqin, MAM Aia Dadok dan MAS BPP Bawan total peserta Pra UNBK di MAN 5 sebanyak 142 orang peserta.

“Dengan didukung 48 unit Komputer dan 2 unit Komputer Server rencananya kita akan melaksanakan Pra UNBK dalam 4 Sesi. Dan mudah-mudahan segala kendala dan kekurangan yang ada nantinya bisa kita atasi dengan sebaik-baiknya,” harap Isrizal. (kemenag/Alwi).

Subscribe to receive free email updates: