Kakanwil Kemenag Kaltim: Guru Agar Bisa Mengembangkan Kompetensinya

Pembinaan guru MAN Bontang (kemenag)
BRNews.id - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor menyatakan guru professional itu adalah guru yang menguasai akademik dan metodologi mengajar.
Hal itu disampaikannya pada acara pembinaan guru dan tenaga administrasi pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang di aula MAN Bontang, beberapa hari lalu (15/11).



Diungkapkannya, guru saat mengajar, bagi yang meguasai akademik dan metodologi akan terlihat perbedaan dengan orang yang tidak menguasai, baik dari penguasaan materi maupun cara penyampaiannya.

Karenanya Kakanwil menghimbau kepada para guru agar dapat meningkatkan kompetensi diri masing-masing, kembangkan diri semaksimal mungkin.

Menurut Kakanwil, saat ini guru dituntut untuk menguasai multimedia, sebab itu menjadi kebutuhan baik untuk pribadi guru juga dalam proses belajar mengajar.

Kakanwil mengajak untuk menjadi renungan, dimana seorang pengajar itu adalah orang yang memiliki amal zariah bagi dirinya, mengajarlah dengan ikhlas, maka amal itu akan mengalir terus menerus.

"Mulai sekarang perbaiki orientasi dan niat untuk melaksanakan tugas sebagai pengajar, jangan mengeluh jika banyak tugas yang harus dikerjakan,  guru tidak boleh mengeluh,” ujarnya seperti dilansir website Kemanag Prov. Kaltim.



"Mengajar jangan hanya sekedar memenuhi kewajiban, tetapi harus disadari bahwa mengajar untuk mempersiapkan generasi handal dimasa yang akan datang," tambah mantan Karo IAIN Antasari Banjarmasin.

Kakanwil juga mengingatkan agar para ASN Kementerian Agama harus meningkatkan pemahaman keagamaan dengan baik, jangan mengajarkan ilmu agama yang berlebihan, ajarkan agama dengan moderat.

Diharapkan para guru selain meningkatkan pemahaman agama juga penting dalam peningkatan pemahaman kebangsaan dan loyalitas kepada negara, tegas Kakanwil.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Kankemenag Kota Bontang Sulaiman, Kepala MAN Bontang Kamiyati, sejumlah Pejabat Eselon IV Kankemenag Kota Bontang. (kemenag/rd).

Subscribe to receive free email updates: