Kakanwil Kemenag Kaltim: Guru Agar Bisa Mengembangkan Kompetensinya
Pembinaan guru MAN Bontang (kemenag) |
BRNews.id - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi
Kalimantan Timur Sofyan Noor menyatakan guru professional itu adalah
guru yang menguasai akademik dan metodologi mengajar.
Hal itu disampaikannya pada acara pembinaan
guru dan tenaga administrasi pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang
di aula MAN Bontang, beberapa hari lalu (15/11).
Diungkapkannya, guru saat mengajar, bagi yang meguasai
akademik dan metodologi akan terlihat perbedaan dengan orang yang tidak
menguasai, baik dari penguasaan materi maupun cara penyampaiannya.
Karenanya Kakanwil menghimbau kepada
para guru agar dapat meningkatkan kompetensi diri masing-masing,
kembangkan diri semaksimal mungkin.
Menurut Kakanwil, saat ini guru dituntut untuk menguasai
multimedia, sebab itu menjadi kebutuhan baik untuk pribadi guru juga
dalam proses belajar mengajar.
Kakanwil mengajak untuk menjadi
renungan, dimana seorang pengajar itu adalah orang yang memiliki amal
zariah bagi dirinya, mengajarlah dengan ikhlas, maka amal itu akan
mengalir terus menerus.
"Mulai sekarang perbaiki orientasi dan
niat untuk melaksanakan tugas sebagai pengajar, jangan mengeluh jika
banyak tugas yang harus dikerjakan, guru tidak boleh mengeluh,”
ujarnya seperti dilansir website Kemanag Prov. Kaltim.
"Mengajar jangan hanya sekedar memenuhi
kewajiban, tetapi harus disadari bahwa mengajar untuk mempersiapkan
generasi handal dimasa yang akan datang," tambah mantan Karo IAIN
Antasari Banjarmasin.
Kakanwil juga mengingatkan agar para ASN
Kementerian Agama harus meningkatkan pemahaman keagamaan dengan baik,
jangan mengajarkan ilmu agama yang berlebihan, ajarkan agama dengan
moderat.
Diharapkan para guru selain meningkatkan
pemahaman agama juga penting dalam peningkatan pemahaman kebangsaan dan
loyalitas kepada negara, tegas Kakanwil.
Hadir pada kegiatan ini Kepala
Kankemenag Kota Bontang Sulaiman, Kepala MAN Bontang Kamiyati, sejumlah
Pejabat Eselon IV Kankemenag Kota Bontang. (kemenag/rd).