22 Petugas Kesehatan Siap Siaga di Cabang M2IQ

BRNews.id - Untuk memberikan pelayanan kesehatan dalam ajang MTQN ke 27 Provinsi Sumatera Utara, petugas atau tim medis disiagakan di Posko Kesehatan. Pada perlombaan cabang Musabaqoh Menulis Ilmiah Al Qur'an (M2IQ), di Akademi Pariwisata Gedung Sumekto Djajanegara jl. RS Haji Pancing tim medis disiagakan di Posko Kesehatan.


Panitia tim kesehatan dari Dinas kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara  Elkadi SKM MKes mengatakan, tim pelayanan kesehatan yang ada di Posko di gedung Akademi Pariwisata tersebut berjumlah 22 orang.

"Ada 22 orang petugas disini. 9 bertugas pagi sampai sore dan 13 orang bertugas sore sampai malam atau sampai selesai perlombaan," katanya  Selasa (9/10) di Posko Kesehatan.

22 orang tim yang siap memberikan pelayanan kesehatan itu berasal dari Dinkes Sumut, RS Pirngadi, Laboratorium kesehatan daerah (Labkesda), RS Haji dan Perkumpulan para pemijat penyehatan Indonesia (P.AP3I).

"Kegiatan kita disini memberikan pelayanan yang komprehensif kepada peserta, panitia dan juga pengunjung. Kita memberikan pelayanan kesehatan dasar," jelasnya.

Dalam memberikan pelayanan, lanjutnya, mereka juga menyiapkan obat obatan dan 2 unit ambulans untuk rujukan ke rumah sakit apabila diperlukan. 

"Seperti kemarin, ada 12 orang yang datang kemari memeriksakan tekanan darahnya, ada yang mengalami gangguan asam lambung, influenza. Kita berikan obat," ujar Elkadi.


Sementara dr. Risdayani yang bertugas sebagai dokter jaga menambahkan, mereka yang datang umumnya panitia. Begitupun tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit.

"Ada yang diperiksa tekanan darah, denyut nadi dan pernafasan. 12 orang yang datang hanya panitia aja, ada keluhan perut kembung, ada yang merasa seperti mau influenza dan belum ada ditemukan penyakit yang berbahaya," katanya.

Selain itu, lanjut dokter yang bertugas di Labkesda ini, ada juga yang datang 2 orang untuk dipijat mungkin karena letih.

"Kita disini berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi keluhan kesehatan baik peserta, panitia dan juga pengunjung. Memberikann pelayanan terbaik agar semuanya merasa nyaman," pungkas Elkadi. (kemenag sumut). 
 

Subscribe to receive free email updates: