Kloter 18 Debarkasi Makassar, Kloter Papua Rasa Indonesia

BRNews-Sebanyak 453 Jemaah Haji asal Prov. Papua yang tergabung dalam kloter 18 Debarkasi Makassar akhirnya tiba kembali di tanah air, Rabu (12/09) dan diserahkan oleh PPIH Debarkasi Hasanuddin Makassar kepada Panitia penerimaan daerah Prov. Papua, Kamis (13/09) dini hari.


Menariknya jemaah asal Papua ini mendapat sambutan hangat dari pengunjung yang berasal dari beragam suku di Sulawesi Selatan yang memadati asrama haji Sudiang Makassar.

Menurut Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Papua mewakili pemerintah daerah Prov. Papua, Umar Bauw menyampaikan sebanyak 46 jemaah haji akan diberangkatkan kembali ke tanah Papua, dan selebihnya merupakan Jemaah keturunan bugis makassar dan beberapa suku lainnya di Indonesia seraya berharap jemaah lainnya setelah bertemu dengan keluarga disini kembalilah ke tanah yang kita cintai tanah Papua.

"Saya perlu jelaskan kebanyakan dari jemaah ini memang adalah keturunan Bugis Makassar tapi sesungguhnya mereka telah menjadi keluarga masyarakat Papua, silahkan tanyakan mereka".

"Setelah bertemu dengan keluarga disini kembalilah ke tanah Papua, bawalah kembali ke tanah Papua berkah yang kalian dapat untuk kedamaian syiar Islam di tanah Papua, sebarkan agama Islam disana bersama saya Umar Bauw, Tanah Papua merindukan kalian," harapnya.

Kepala bidang PHU Kanwil Kemenag Sulsel, H. Kaswad Sartono mengurai Ini sudah menunjukkan bahwa Bhinneka tunggal ika betul-betul terwujud dalam segala aktifitas bangsa ini termasuk jemaah haji yang menjunjung tinggi kebersamaan, saya kira ini perlu mendapat apresiasi yang luar biasa dimana kesadaran berbangsa dan bernegara mereka telah implementasikan dalam kehidupan.


Warga masyarakat Bugis, Makassar, Jawa dan suku-suku lainnya memang telah banyak menjadi warga tanah papua, jadi inilah Indonesia kloter Papua rasa Indonesia, tutupnya. (kemenag sulsel/MF).

Subscribe to receive free email updates: