Menepis Tanggapan Miring Terhadap Ijazah TPQ

BRNews - Dalam rangka memperkuat dan meluruskan tanggapan masyarakat terhadap Ijazah TPQ itu tidak berlaku dan tidak dianggap oleh sekolah jenjang yang lebih tinggi, sehingga mereka lebih memilih sekolah di DTA merupakan persepsi yang kurang tepat. 

Hal inilah kemudian Lomrah, S.Th.I hadir dalam rapat dengan orang tua santri di TKQ/TPQ Hidayatun Nur Kp. Babakan Cimebeng Kec.Gunungguruh Kabupaten Sukabumi pada Sabtu (13/05).


Lomrah menjelaskan bahwa Pendidikan TPQ dan Madrasah Diniyah mempunyai tujuan yang sama yakni untuk mencerdaskan manusia  secara keilmuan dan membekali santri dengan akhlak mulia yang kelak manjadi pribadi yang mandiri dengan kelebihan penguasaan keagamaan. 
Hal ini sangat di butuhkan di tengah kemerosotan moralitas anak bangsa. Sehingga diharapkan lulusan dari TPQ dan Madrasah Diniyah mampu mengungguli dari lulusan lembaga lain melalui karakter yang telah dibangun sejak masa pendidikan. Tujuan itu hanya dapat dicapai hanyalah dengan peningkatan pendidikan TPQ dan Madrasah Diniyah mulai dari kualifikasi ustadz, mutu siswa, kurikulum, alokasi dana, maupun  sarana prasana.
Perhatian pemerintah terhadap pendidikan TPQ dan Diniyah akan terus ditingkatkan, mengingat lembaga ini merupakan cikal bakal pendidikan di Indonesia. 
Dukungan anggaran dari pemerintah diharapkan akan meningkatkan pendidikan keagamaan tersebut baik berupa fisik maupun non fisik.
Dari uraian ini, terungkap bahwa “TPA dan DTA adalah lembaga yang sejajar yakni sama-sama Pendidikan Keagamaan,” tegas Lomrah.
Data menunjukkan bahwa fenomena pemahaman di masyarakat seperti itu berimbas kepada berkurangnya lembaga TPQ yang pada tahun 2009 di Kecamatan Gunungguruh berjumlah 6 unit, sekarang tersisa hanya 1 lembaga yang aktif.


Kegiatan yang dihadiri oleh orang tua santri sekitar 105 orang ini juga menjelaskan tentang kurikulum dan target pembelajaran di TPQ Hidayatunnur. Disampaikan oleh Kepala TPQ Hidayatunnur  bahwa di pendidikan al-Qur'an, diusahakan selesai sampai Juz 30. Hafalan ayat-ayat pilihan dan doa-doa harian juga sholat jenazah selain itu juga adanya pendidikan Karakter anak. (kemenag sukabumi).

Subscribe to receive free email updates: