Ma'had Aly Maslakul Huda Pati Gelar Lomba Baca Kitab Fathul Mu'in

foto humas pd pontren
BRNews - Ma’had Aly Maslakul Huda yang berlokasi di Kabupaten Pati menggelar Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Fathul Mu'in tingkat Jawa Tengah. MQK ini dibuka Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama Ahmad Zayadi.

Bertempat di Aula Kampus Ma'had Aly Maslakul Huda, Dir PD Pontren mengatakan, penyelenggaraan MQK penting, guna menggiatkan kultur akademik keilmuan Islam yang belakangan memperlihatkan adanya tren penurunan di tengah derasnya arus informasi.
"MQK Fathul Muin yang diselenggarakan Ma'had Aly Maslakul Huda relevan untuk menciptakan ghirah keilmuan dalam memperdalam kajian kitab salaf secara serius. Apalagi saat ini, tengah terjadi penurunan tradisi akademik tafaqquh fiddin, dengan ditandai makin menurunnya minat masyarakat luas untuk mengkaji kitab kuning,” ujarnya di Pati, Sabtu (07/04).
“Penurunan imi berdampak secara langsung. Sebab semakin lama, semakin berkurang ulama-ulama yang ahli dalam berbagai macam keilmuan Islam, terutama fiqih," sambungnya.
Menurut Zayadi, Ma’had Aly tercantum dalam undang-undang sebagai pendidikan tinggi. Karenanya, Ma’had Aly memiliki legalitas yang kuat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan sistem pendidikan nasional, setara dengan STAIN, IAIN, UIN, dan lembaga pendidikan tinggi lainnya.
Pengasuh Ma’had Aly Maslakul Huda KH Abdul Ghofar Rozin sebelumnya menyampaikan bahwa MQK ini kali diikuti 46 peserta delegasi dari Ponpes se-Jateng. Para finalisnya, selain mendapat trofi dan uang pembinaan, khusus untuk juara (peringkat teratas) akan  mendapat beasiswa di Ma'had Aly Maslakul Huda hingga lulus. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: