IAIN Batusangkar Raih Juara II Dalam Grand Final Semarak Fisika Tingkat Nasional

BRNews - Kabar menggembirakan bagi keluarga besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pasalnya, Tim Lomba Fisika dari kampus yang baru saja menjadi IAIN ini, meraih Juara II dalam ajang  Grand Final Semarak Fisika Tingkat Nasional yang berlangsung di IPB Bogor, Sabtu (24/02) pekan lalu.


Semarak Fisika 2018  terdiri dari seminar dan pameran perlombaan karya.  Tema Semarak tahun ini adalah: “Mengoptimalkan Aplikasi Fisika yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan sebagai Kontribusi Bagi Indonesia”.
Tim Lomba Semarak Fisika dari IAIN Batusangkar terdiri dari Muhammad Gifron (Ketua), Nelmi Agustina dan Doris Wela (anggota).
Mereka menjadi juara II setelah bersaing dengan peserta dari kampus yang ada di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kampus tersebut antara lain: Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Padjajaran Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, UIN Bandung, dan UIN Jakarta.
Perjalanan tim IAIN Batusangkar hingga sampai grand final ini dimulai dari pendaftaran lomba pada 15 - 31 Januari 2018. Mereka lalu masuk 10 besar dan berhak ikut dalam Grand Final Semarak Fisika setelah menyisihkan ratusan peserta lainnya.
Tim Mahasiswa Jurusan Fisika IAIN Batusangkar Semester VI ini mengambil bagian dalam Perlombaan Pameran Produk. Mereka mengangkat judul paper: “Penerapan Sains Sebagai Solusi Permasalahan Energi Listrik Dalam Kehidupan Sehari-Hari”.
Ketua Jurusan Fisika IAIN Batusangkar Veni Haris bersama Wakil Rektor II yang mendampingi di IPB Bogor mengaku bangga atas prestasi anak didiknya. “Tidak sia-sia persiapan dan latihan serta seleksi yang selama ini kami lakukan, anak-anak menyajikan prestasi yang membanggakan almamater kami,” kata Veni.


Rektor IAIN Batusangkar Kasmuri mengapresiasi tiga mahasiswa Jurusan Fisika pada kampus yang dipimpinnya. “Terimakasih anak-anakku, jerih payah yang kalian lakukan selama ini telah membuahkan hasil dan IAIN berhutang budi pada kalian,” katanya.
Kasmuri yang didamping Wakil Rektor III Rizal Donse menyampaikan, prestasi ini terasa istimewa disaat upaya kampus untuk terus melakukan pembenahan dan penguatan sains dan teknologi di sini.
Rizal Donse sebagai Wakil Rektor III yang bertugas membina mahasiswa mengatakan bahwa tim IAIN Batusangkar ini diisi mahasiswa yang selama ini berprestasi di Jurusan Fisika. “Ternyata mahasiswa kami tidak kalah bersaing dengan mahasiswa umum lainnya di tanah air,” tandasnya. (kemenag|rb).

Subscribe to receive free email updates: