BAZNAS DI Yogyakarta Salurkan Beasiswa Rp 380 Juta

BRNews - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DIY salurkan beasiswa senilai  Rp 380 juta lebih kepada 160 siswa SD hingga SMA/MAN/SMK. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program DIY Cerdas yang digulirkan BAZNAS tiap tahunnya.
Menurut Ketua BAZNAS DIY Bambang Sutiyoso, penyaluran beasiswa ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak yang kurang mampu hingga menyelesaikan pendidikan dasar.


"Dari 160 siswa rinciannya adalah SD 60 siswa, SMP 40 siswa, SMA/SMU dan MAN/SMK 60 siswa," kata Bambang di sela kegiatan pentasharufan, Jumat (9/2) siang di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY.

Bambang menambahkan peminat beasiswa tahun ini cukup banyak. "Untuk SD misalnya peminatnya mencapai 245 siswa," katanya seraya menambahkan syarat memperoleh beasiswa adalah nilai rapor, melampirkan surat keterangan tidak mampu dan keterangan menjadi santri TPA serta mengikuti tes baca tulis Al-Qur'an.

Masing-masing siswa selanjutnya akan memperoleh beasiswa sesuai jenjangnya. "Tiap tahun untuk SD mendapatkan Rp 2,4 juta, SMP Rp 3 juta dan SMA Rp 3,6 juta," urai Bambang. Beasiswa ini, imbuhnya akan diterimakan tiap bulan dan harapannya digunakan untuk keperluan sekolah.

Pihaknya juga menambahkan tiap tiga bulan sekali akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi kepada penerima beasiswa. "Nanti akan kita berikan buku kendali untuk para siswa serta ada kegiatan setor hafalan Alquran agar aktif di TPA," ujarnya lagi.

Sehingga penerima beasiswa, sesuai dengan misi BAZNAS, tidak hanya cerdas akal tapi juga cerdas secara spiritual. (kemenag diy|bap).

Subscribe to receive free email updates: