KUA Diharap Tak Hanya Tempat Menikahkan Tapi Juga Memberikan Pendidikan Berkeluarga

foto kemenag
BRNews - KUA bukan hanya tempat menikahkan dan rujuk suatu keluarga atau insan, tetapi pelayanan KUA juga harus dapat memberikan pendidikan dasar mengenai keluarga. Negara yang kuat terbentuk dari generasi muda yang kokoh secara spiritual dan intelektual dan generasi muda tersebut pastinya terlahir dari keluarga yang teguh.

Demikian ditegaskan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin  pada peresmian 9 Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji,  di Kankemenag Kab. Karawang, Senin (20/11).
Berkaitan dengan pembangunan gedung Balai Nikah dan Manasik hji, Menag menjelaskan bahwa adanya bantuan SBSN sangat membantu dalam meningkatkan pelayanan umat terkait dengan urusan agama dan keagamaan.  Salah satunya yaitu pendirian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji yang tersebar di seluruh Indonesia yang sudah sesuai dengan syarat dan ketentuannya.
Lukman Hakim yang juga seorang anak Menag RI orde lama menuturkan,”Pelayanan KUA sudah selayaknya menjadi pelayanan yang sangat lengkap dan prima karena KUA langsung berhadapan dengan masyarakat. Maka dari itu pendirian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan prima kepada masyarakat sekaligus upgrading bentuk pelayanan sesuai dengan jamannya.”
Perkembangan jaman yang menggeser nilai-nilai sakral pernikahan, tentunya harus disikapi dengan tegas. Maka dari itu, lanjut Menag, KUA harus memberikan pendidikan sekaligus membuka konsultasi keluarga dengan fasilitas dan tempat yang memadai juga SDM pun harus mendukung pelayanan prima tersebut.
“Dengan upgrading pelayanan KUA ini, maka fungsinya pun harus diperluas. Ada 2 fungsi utama dalam pendirian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji yaitu fungsi sebagai tempat bimbingan manasik haji sehingga dibutuhkan tempat dan fasilitas yang mendukung. Kemudian sebagai tempat pendidikan pranikah dan proses rujuk, karena dalam pernikahan yang paling utama itu adalah mendidik pasangan menjadi orang tua yang baik dan berkualitas bagi anak-anak yang akan dilahirkannya,” papar Lukman Hamkim.
Ia pun berharap semoga dengan peningkatan pelayanan dan kinerja KUA  dapat lebih dekat melayani masyarakat dan kepercayaan masyarakat pun akan semakin meningkat akan pelayanan prima Kementerian Agama. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: