Kanwil Gorontalo; Pemerintah Harus Perhatikan Guru RA

BRNews - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo melalui Bidang Pendidikan Madrasah menggelar Workshop Kurikulum RA IGRA (Ikatan Guru Raudlatul Athfal) di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo tahun 2017, Selasa (14/11) kemarin, bertempat di Rumah Makan Miranti, Kabila.Workshop ini diselenggarakan untuk meningkatkan  Guru RA.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Dr.H. Rusman Langke,M.Pd mengatakan workshop sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik pada tingkat RA. Hal ini sesuai dengan kabijakan atau kurikulum yang diprogramkan oleh Kemenag Provinsi Gorontalo sejak tahun 2014-2019 nanti.
Kualitas guru RA kata Kakanwil harus mendapat perhatikan dari pemerintah, sebab guru RA memiliki kelebihan tersendiri dalam mendidik anak. "Anak-anak sudah banyak menghafal doa-doa ataupun lagu yang bernuansa islam, kemudian dari segi penampilan dan sikap yang dididik dengan nilai-nilai islami," tutur Kakanwil dihadapan guru RA IGRA se-Provinsi Gorontalo.
Kakanwil didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Dra.Hj. Fitriani Humokor,M.Pd mengatakan guru sebagai tenaga pendidik dan kependidikan harus memiliki kemampuan atau sumber daya yang lebih baik, apalagi guru RA yang mempunyai misi mencerdaskan generasi bangsa sejak dini.
Dijelaskan Kakanwil, Kementerian Agama akan melihat pelaksanaan kurikulum ditingkat RA. Dalam kurikulum ini memuat tentang program pengembangan nilai agama dan moral, pengembangan fisik secara motorik, pengembangan kognitif, pengembangan bahasa, pengembangan sosial dan pengembangan seni.
"Guru sebagai tenaga pendidik harus berpedoman pada kurikulum yang telah dikeluarkan oleh pemerintah atau Ditjen Pendidikan  Islam Kementerian Agama," jelasnya.
Oleh karenanya, Kakanwil Rusman Langke berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan atau pengetahuan serta keterampilan guru RA dalam mengimplementasikan kurikulum yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. 
Turut hadir sebagai pemateri Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi RA Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Dra. Hj. Nani Pujiastuti,S.EI. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: