Bupati Kulonprogo Buka MTQ Pelajar 2017


BRNews - Al-Qur'an adalah sumber ilmu yang tak akan habis digali dan dipelajari. Karena itu kita harus selalu memperdalam ilmu agama. Kita juga harus lebih bisa memaknai isi Al Qur'an dalam nurani dan pikiran.
Demikian ditegaskan Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedja saat membuka MTQ Pelajar yang berlangsung di SMAN 1 Pengasih, Rabu (18/10).
“Al Qur'an sebagai sumber ilmu tak akan pernah habis digali dan dipelajari. Mari kita perdalam ilmu agama dengan banyak mempelajari Al Qur'an. Kita harus lebih bisa memaknai isinya dalam nurani dan pikiran,” katanya.
Karena itu,  MTQ Pelajar mempunyai daya tarik dalam syiar agama, juga harus menjadi daya dorong bagi sekolah khususnya pendidikan agama untuk menciptakan nuansa religius dan kesejukan batin. Selain itu  sebagai ajang silaturahmi dikalangan pelajar.
MTQ Pelajar juga mampu menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap Al-Qur'an sebagai petunjuk dalam hidupnya.
“MTQ Pelajar jangan hanya sebagai momentum seremonial belaka, tetapi harus mampu membuat kita semakin paham dengan isi kandungan Al Qur'an untuk selanjutnya diamalkan dalam kehidupan nyata,” katanya.

Selanjutnya anak-anak harus bisa menghormati orang tua dan guru serta menjaga toleransi. “Jadilah teladan di lingkungan kita, karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa,” pungkas Sutedja.

MTQ Pelajar ini diikuti oleh 192 siswa SD yang mewakili 12 kecamatan dan 54 siswa SMP serta 66 siswa SMA/SMK mewakili 3 wilayah meliputi eks Tuti Utara, Tengah dan Selatan.
Mereka bertanding untuk menjadi yang terbaik dan mewakili Kulon Progo ke tingkat DIY dalam 12 cabang lomba.
Cabang yang diperlombakan meliputi MTQ, MTtQ, MHQ, Pidato, Puitisasi Saritilawah, Adzan, CCA, Melukis Islami, MSQ, Khotbah Jum'at, Kaligrafi dan Nasyid. (kemenag diy|mnm).

Subscribe to receive free email updates: