Menag Lukman Hakim Sabtu Malam Buka STQ Nasional XXIV di Tarakan

MALAM TAARUF STQ NASIONAL di KOTA TARAKAN KALTARA. (foto: KEMENAG|RK)
BRNews - Panitia Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXIV menggelar malam taaruf peserta di Hall Convention Tarakan Plaza, Jumat (15/7/2017). Selain menjadi ajang silaturahmi antara tuan rumah dengan kafilah dari 34 provinsi se Indonesia, malam taaruf sekaligus menandai segera dimulainya rangkaian kegiatan STQ Nasional di Kalimantan Utara ini.

Malam Taaruf diawali dengan penyerahan bendera Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dari Ketua Lembaga Tilawatil Quran (LPTQ) Nasional yang diwakili Sektretaris Ditjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin. Bendera MTQ diserahkan Muhammadiyah Amin kepada Gubernur Kaltara selaku tuan rumah.
Dalam sambutannya, Muhammadiyah Amin menyampaikan pesan Menag Lukman Hakim agar para peserta STQ tidak mengaburkan tujuan utama STQ untuk memuliakan Al-Quran.
“Motivasi untuk menjadi juara tidak boleh mengaburkan tujuan utama STQ, yaitu: dalam rangka memuliakan  wahyu Allah yang diturunkan sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang beriman,” tuturnya.
Selain itu, lanjut Muhammadiyah Amin, Menag juga berpesan agar kegiatan STQ Nasional juga dapat meningkatkan kesadaran beragama umat Islam dan meningkatkan kerukunan antarumat beragama.
Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengaku senang Kaltara dipercaya sebagai tuan rumah ajang dua tahunan itu. Irianto mengaku bahwa Kaltara adalah miniatur Indonesia sekaligus masa depan Indonesia.
“Kaltara khususnya Tarakan ini adalah miniatur Indonesia. Di sini ada beragam suku, budaya, agama dan memiliki sumber daya alam melimpah. Di sinilah masa depan Indonesia,“ tegasnya.
Hadir pula dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Hakim yang juga mantan Menteri Agama, KH. Said Aqil Husein Al-Munawar, Wali Kota Tarakan, dan beberapa pejabat Kementerian Agama.
Malam Taaruf ini dimeriahkan dengan penampilan tarian kolosal selamat datang. Ikut tampil juga, haflah tilawah dari para qari legendaris yang dipimpin KH. Said Aqil Husein Al-Munawar.
STQ Nasional XXIV tahun 2017 rencananya akan buka pada Sabtu (15/07) malam  oleh Menteri Agama. Seremonial pembukaan STQ akan dipusatkan di Islamic Center Masjid Baitul Izza Kota Tarakan, Kalimantan Utara.
Sementara pelaksanaan musabaqah akan berlangsung dari tanggal 16 - 22 Juli 2017.  Selain Masjid Baitul Izza Islamic Center, venue STQ ada di Masjid Daarussa’adah, Masjid At-Taqwa, dan Masjid al-Ma’arif. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: