Kemenag DKI Rilis PPDB Online Madrasah Negeri

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin didampingi Kakanwil Kemenag DKI Jakarta tandatangani Piagam PPDB Online Madrasah Negeri Jakarta. (foto: furqan)
BRNews - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DKI Jakarta merilis Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di madrasah negeri Ibukota secara online. Inovasi ini dirilis oleh Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin di Jakarta pada Selasa, 18 April lalu.

Kamaruddin mengapresiasi terobosan Kanwil Kemenag DKI Jakarta. Menurutnya, PPDB Online ini bisa menjadi benchmark bagi Kanwil Kemenag lainnya di Indonesia.
"Kanwil Kemenag DKI Jakarta telah melakukan langkah pertama untuk memulai pendidikan madrasah yang digital oriented," ujarnya.
Guru Besar UIN Alauddin ini menilai inovasi tersebut sangat diperlukan karena saat ini peserta didik madrasah merupakan generasi milenial yang juga sangat digital oriented. Penerapan PPDB Online menurutnya juga dapat mengedukasi masyarakat bahwa pendidikan di madrasah memanfaatkan teknologi informasi sehingga sistem pendidikan madrasah akan menjadi lebih baik.
Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Abdurrahman berharap PPDB Online akan mengarah kepada pengembangan sistem pendidikan madrasah yang lebih baik. "Proses yang baik dimulai dengan input yang baik, sehingga akan menghasilkan output yang baik pula," ujarnya.
Mulai tahun ini, PPDB online akan diberlakukan di 82 madrasah negeri di DKI Jakarta, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Total ada 13.010 siswa yang akan diterima.
Selain Dirjen Pendidikan Islam, Piagam PPDB Online juga ditandatangani oleh Sekretaris Itjen Hilmi Muhamadiyah, dan Kepala Kanwil Kemenag Propinsi DKI Jakarta, Abdurrahman.
Penandatanganan ini disaksikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Propinsi DKI Jakarta Saiful Mujab, Kasie Kesiswaan Kanwil Kemenag Propinsi DKI Jakarta Viola Cempaka, serta seluruh Kepala Madrasah Negeri Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta. (mnm)

Subscribe to receive free email updates: