63.301 Jamaah Haji Pilih Nafar Awal

Kawasan Mina. (foto ist)
Baiturahman News - Sebanyak 63.301 jamaah memilih nafar awal, sementara,  62.991 jamaah memilih nafar tsani atau nafar akhir. Meskipun data ini disebut masih semenatara, tetapi masih bisa berkembang.

Hal ini diakui Kepala Daker Makkah, Arsyad Hidayat, ketika ditemui di Daker Makkah, Syisyah, Arab Saudi.  "Data ini masih data sementara. Datanya masih terus berkembang,’’ kata Arsyad Sabtu (10/9) dinihari waktu Saudi.
Nafar awal yakni jamaah hanya melontar jumrah di tanggal 10, 11, 12 Dzulhijah. Mereka hanya dua malam menginap di Mina dan meninggalkan Mina menuju Makkah pada 12 Dzulhijah sebelum matahari terbenam. Total krikil yang dilontar jama’ah nafar awal adalah 49 butir.

Sementara, nafar tsani atau nafar akhir yakni jamaah melontar jumrah pada tanggal 10, 11, 12 dan 13 dzulhijah dengan total batu yang dilontar sebanyak 70 butir. Mereka menginap di Mina selama tiga malam dan meninggalkan Mina menuju Makkah pada 13 Dzulhijah.

Arsyad mengatakan, panitia telah mengimbau jamaah pemulangan kloter awal sebaiknya memilih nafar awal. Karena, dengan pemulangan kloter awal pada 17 September, maka jamaah nafar awal hanya punya waktu tiga hari untuk mempersiapkan segalanya.
Sementara, waktu semakin sempit jika jamaah pemulang kloter awal memilih nafar tsani yang hanya punya waktu dua hari untuk mempersiapkan kepulangan.

Pemulangan kloter-kloter awal pada 17 September memang menjadi titik krusial. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, kepulangan kloter-kloter awal sering kali mengalami delay karena waktunya tersita oleh pemeriksaan bagasi-bagasi jamaah yang umumnya overweight (kepenuhan).


Karena itu, pemeriksaan bagasi jamaah tidak dilakukan di bandara. Sekitar dua hari sebelum jadwal kepulangan, proses pemeriksaan koper jamaah sudah mulai dilakukan di hotelnya masing-masing, Sehingga, itu tidak akan membuat jadwal penerbangan menjadi mengalami delay.(mch|jhu)

Subscribe to receive free email updates: