107 Jemaah Calon Haji Kota Padang Panjang Ikuti Manasik

Bimbingan Manasik untuk jemaah haji Kota Padang Panjang berlangsung di Masjid Taqwa Muhammadiyah. Foto Kemenag
Tanggal 24 Mei 2023, insya Allah calon jamaah haji Indonesia mulai diterbangkan ke tanah suci. Karena itu, sejumlah persiapan terus dilakukan Kementerian Agama, salah satunya adalah memberikan bimbingan manasik kepada calon jemaah haji.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Helmi mengatakan, operasional haji 1444 Hijriyyah, akan dimulai dengan pemberangkatan kloter pertama dari Embarkasi Haji Padang tanggal 25 Mei 2023 langsung  Madinah dan kloter terakhir 22 Juni 2023 tujuan Bandara King Abdul Aziz  Jeddah.

"Untuk pemulangan jemaah haji akan dimulai 4 Juli 2023 melalui Bandara KAIA Jeddah dan pemulangan terakhir 2 Agustus 2023 melalui Bandara AMAA Madinah," jelas Helmi dalam keterangan resminya.

Ia juga menyampaikan kuota jemaah haji Sumatera Barat tahun ini, berjumlah 4.613 orang jamaah yang akan diberangkatkan dalam 12 kloter, ditambah 4 kloter jemaah Bengkulu dan terakhir bergabung dengan kloter Nusantara.

"Sedangkan 107 jemaah haji Kota Padang Panjang akan tergabung dalam kloter lima bersama jemaah haji Kabupaten Lima Puluh Kota dan jemaah haji Kota Padang," ujarnya.

Helmi memberikan apresiasi luar biasa untuk Tim Bimsik Tingkat Kota Padang Panjang. “Semoga Allah memberikan kemudahan memperoleh haji mabrur untuk jemaah Kota Padang Panjang,” harapnya.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Kota Padang Panjang Editiawarman melaporkan sebanyak 107 jemaah haji Kota Padang Panjang telah melaksanakan Perekaman Biometrik via Aplikasi Saudi Visa Bio.

"Seluruh jemaah dalam kondisi sehat wal'afiat, telah menerima Bimbingan Manasik Haji dua hari berturut-turut (8 dan 9 Mei 2023) dari Tim Kesehatan dan Panitia Bimsik Tingkat Kota Padang Panjang," ujarnya.

Editiawarman menceritakan, didalam salah satu kloter  terdapat jemaah haji tertua yakni Chasinah 85 tahun serta usia termuda Zainab 18 tahun

"Usia jemaah tertua an. Chasinah 85 tahun dan usia termuda an. Zainab 18 tahun," ulasnya.

"Semua jemaah telah berkomitmen untuk melaporkan dan mendaftarkan obat-obatan yang akan dibawa nantinya kepada petugas kesehatan," sambungnya.

Sementara itu Kepala Kemenag Kota Padang Panjang Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menambahkan bahwa seluruh persiapan pelaksanaan keberangkatan Duyufurrahman Tahun ini, khususnya untuk jemaah haji Kota Padang Panjang telah dilaksanakan secara maksimal.

"Terimakasih dan apresiasi untuk semua pihak yang terlibat, sehingga menyiapkan tahapan demi tahapan keberangkatan Duyufurrahman," sambungnya lagi.


Post a Comment for "107 Jemaah Calon Haji Kota Padang Panjang Ikuti Manasik "