IPHI Aceh Timur Mulai Gelar Bimbingan Manasik Untuk Haji 2023

Giat manasik untuk calon haji 2023 yang digelar IPHI Peureulak Aceh Timur. Foto Kemenag Aceh
Pengurus Cabang Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Peureulak, menggelar bimbingan manasik haji (Bimsik) yang berlangsung di Masjid Zadul Mu’ad Peureulak Sabu (10/12/2022).

Bimsik ini dibuka oleh  Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Timur, H. Salamina, S.Ag., M.A.

Dalam sambutannya, Salamina menyampaikan ucapan terima kasih kepada IPHI atas pelaksanaan bimbingan kepada para calon jamaah haji (CJH) yang akan berangkat tahun 2023.

“Terima kasih kepada IPHI telah  mengadakan bimbingan manasik haji. Ini sangat membantu kami karena salah atu tugas kemenag adalah memberikan bimbingan kepada calon haji,” ucap Salamina. 

Salamina juga memuji IPHI Peureulak yang telah melaksanakan bimbingan secara kontinyu setiap tahun dan mengundang calon jamaah dari kecamatan di sekitarnya untuk menjadi peserta.

Kepada CJH, Salamina menghimbau agar mengikuti bimbingan ini dengan konsisten, disiplin, dan tawadhuk. 

“Kalau diminta membawa kain ihram, bawalah!” tegas Salamina seraya menceritakan pengalamnya ketika mengikuti bimbingan saat hendak menunaikan ibadah haji beberapa tahun lalu. 

Ia pernah mengamati prilaku CJH yang tidak tawadhuk, di mana menurut pengamatannya, seorang jamaah yang sering tidak disiplin saat bimbingan ternyata hal itu bisa terbawa-bawa sampai di tanah suci. 

“Jamaah tersebut selalu ingin tampil beda dengan jamaah lainnya. Akhirnya, ia sering mengalami hambatan selama kegiatan ibadah,” ungkapnya dilansir situs Kemenag Aceh.

Salamina juga mengingatkan para jamaah agar selain menimba ilmu manasik haji, tidak lupa juga mengasah hati agar hajinya lancar dan diterima oleh Allah Swt.

“Ilmu manasik haji itu penting, namun tidak kalah penting adalah manasik hati,” ucap Salamina berfilsafat.

Kepada pasangan suami dan istri, Salamina menyarankan untuk mengatur jadwal kehamilan supaya tidak terganggunya jadwal keberangkatan.

Di tempat yang sama, Ketua IPHI Kecamatan Peureulak, Tgk H. Nurdin Benseh, melaporkan kepada Kakankemenag tentang jadwal bimbingan, para tutor, dan jumlah peserta.  

“Kita mengundang 77 calon haji dan calon hajjah dalam wilayah Peureulak Raya untuk mengikuti 14 kali pertemuan selama tiga bulan” ungkap Tgk Nurdin seraya menjelaskan bahwa setiap pertemuan akan disampaikan materi oleh para pemateri profesional dari kalangan MPU, IPHI dan Kemenag.

Tgk Nurdin kemudian menjelaskan bahwa wilayah Peureulak Raya yang ia maksud adalah Kecamatan Peureulak, Peureulak Barat, Peureulak Timur, Ranto Peureulak, Sungai Raya, Rantau Selamat, Birem Bayeun, Peunaron, dan Serbajadi.

Hadir pada acara Bimsik  antara lain Ketua IPHI Kabupaten Aceh Timur, Camat Peureulak, Wakapolsek Peureulak, Kepala KUA Kecamatan Peureulak, Pengurus Masjid Zadul Mu’ad, tokoh masyarakat dan para anggota IPHI kecamatan Peureulak. Ketua IPHI Aceh Timur dan Camat Peureulak turut memberikan kata sambutan. (kmg|alifah|azka)

Post a Comment for "IPHI Aceh Timur Mulai Gelar Bimbingan Manasik Untuk Haji 2023"