Kemenag Aceh Siap Siap Cairkan TPG Untuk Guru PAI

Foto Kemenag Aceh

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat tengah mempersiapkan pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Tahun 2021.

Sebelum pencairan pihak Kemenag mensosialisasikan Petunjuk Teknis (Juknis)  yang berlangsung di aula MAN 1 Aceh Barat, Selasa 15 Juni 2021.

Menurut Kasi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Khairul Azhar SAg MAg, kegiatan tersebut diikuti 55 guru pendidikan agama Islam (PAI) sertifikasi tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK).

Ia menjelaskan, sosialisasi tersebut sangat penting dilakukan untuk memperjelas berbagai regulasi terbaru untuk pencairan tunjangan profesi guru (TPG), baik terkait perhitungan tunjangan, beban kerja guru dan pengawas PAI, serta tata cara penyaluran tunjangan bagi guru yang tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 541 Tahun 2021 tentang Penyaluran dan Pencairan TPG Guru PAI dan Pengawas PAI tahun 2021.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, menyampaikan, guru pendidikan agama Islam (PAI) merupakan garda terdepan dalam mencerdaskan siswa, serta merubah pola pikir siswa menjadi lebih baik, terutama menjadikan siswa yang berakhlak mulia.

“Guru PAI harus menjadi panutan bagi masyarakat,” pesannya dilaman Kemenag Aceh.

Untuk mewujudkan hal tersebut, jelasnya, guru harus terus meningkatkan kompetensi dan memiliki wawasan yang luas, terutama dalam menguasai dan memahami teknologi digitalisasi.

Menurut Khairul, jika seorang guru tidak dapat menyesuaikan diri dengan teknologi, maka kualitas pendidikan akan terus tertinggal. Oleh karena itu, seorang guru harus mengajar generasi milenial sesuai dengan perkembangan zaman, serta tidak kaku. (kmg|alifah)

Post a Comment for "Kemenag Aceh Siap Siap Cairkan TPG Untuk Guru PAI"