5 Keutamaan Dari Amalan Sedekah


Diantara tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat (alam mahsyar) adalah orang yang sodaqoh. Karena itu sodaqoh sangat memberikan manfaat. Apa saja itu?

Pertama, mendapat naungan Allah Subhanahu wa ta'ala 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda,

 سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ, وَذَكَرَ مِنْهُمْ: وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ أَخْفَى حَتَّى لاَ تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ “ 

"Tujuh golongan yang akan Allah naungi pada hari yang tiada naungan kecuali naungan-Nya.” 

Yaitu seseorang yang bersedekah lalu merahasiakannya, hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang telah diinfakkan oleh tangan kirinya. (HR. Bukhari, no.660 & Muslim, no.2427) 

Kedua, menyembuhkan penyakit dengan 

 صنوا أموالكم بالزكاة، وداووا مرضاكم بالصدقة، وأعدوا للبلاء الدعاء 

“Jagalah harta kalian dengan zakat, obatilah orang yang sakit dengan sedekah (sodakoh) dan tolaklah bala’ dengan doa” 

Ketiga, menolak mati suul khotimah 

Rasulullah SAW bersabda : “Sungguh sedekah itu akan memadamkan kemarahan Tuhan dan menghindarkan dari kematian yang buruk (Su’ul Khatimah).” (Hadis Riwayat Al-Turmudzi) 

Keempat, mendapat kebaikan akhlakul karimah 

Kelima, mendapatkan doa dari malaikat 

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا 

 “Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010) 


Post a Comment for "5 Keutamaan Dari Amalan Sedekah "