MTsN 1 Pati Bagikan 1.052 Paket Kuota Internet Untuk Siswa

MTsN 1 Pati Bagikan 1.052 Paket Kuota Internet

MTsN (Madrasah Tsanawiyah Negeri) 1 Kabupaten Pati Jawa Tengah membagikan sebanyak 1.052 kuota internet kepada seluruh siswanya. Pembagian kuota berlangsung sejak Selasa (25/8) sampai Jumat (28/8/2020) dan dilakukan secara bergelombang untuk menghindari penumpukan siswa.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, menjelaskan Subsidi kuota internet tersebut bersumber dari dana relokasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dimana sesuai instruksi Dirjen Pendidikan Islam, melalui Kepala Kanwil Kemenag provinsi Jawa Tengah, bahwa dana BOS harus ada yang dialokasikan untuk membantu kuota internet agar siswa tetap dapat mengikuti pembelajaran secara online. 

"Mendengar hal tersebut, tanpa pikir panjang kami langsung action," terangnya dilansir website Kemenag Jateng.

Kebijakan ini, lanjutnya, merupakan salah satu bentuk kepedulian MTsN 1 Pati terhadap keberlangsungan proses belajar siswa selama pandemi. 

Adapun kapasitas kuota yang diberikan oleh madrasah tidak sama antara yang satu dengan yang lain karena menyesuaikan dengan kartu dari provider yang digunakan masing-masing siswa. 

Sebelumnya, siswa mengirimkan data kepada wali kelas terkait kartu provider yang digunakan. "Hal ini kami lakukan agar subsidi kuota tersebut tepat sasaran," ujar Syafak.

Peraturan penggunaan dana BOS untuk pembelian kuota internet tertuang dalam penyesuaian petunjuk teknis (Juknis) penggunaan BOS Reguler, diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 tahun 2020 tentang perubahan atas Permendikbud Nomor 8 tahun 2020 tentang Juknis BOS Reguler.

"Jadi dalam pelaksanaan pembelajaran daring siswa tidak perlu memikirkan masalah kuota. Saya berharap dengan adanya subsidi kuota ini bisa bermanfaat untuk siswa kami dan digunakan untuk keperluan pembelajaran bukan yang lain," imbuhnya.

Sementara itu salah satu siswa, Chiara mengatakan dirinya merasa terbantu dengan adanya subsidi kuota ini. "Alhamdulillah dan terimakasih kepada MTsN 1 Pati, setidaknya bisa mengurangi beban orang tua yang sering membelikan kuota untuk saya," katanya. (kmg|alfa).

Post a Comment for "MTsN 1 Pati Bagikan 1.052 Paket Kuota Internet Untuk Siswa"