Tim RS di Mina Lakukan Persiapan Untuk Keselamatan Jamaah Haji

Tim RS Mina (Foto SPA)
Rumah sakit lapangan, staf medis, dan klinik didirikan dan siap di tempat-tempat suci menjelang pelaksanaan haji 2020 yang tinggal empat hari lagi.

Kementerian Kesehatan memastikan kesehatan dan keselamatan para jamaah haji  saat di Mina. RS di Mina  dilengkapi enam ambulan, tiga klinik di akomodasi haji, rumah sakit lapangan dan rumah sakit keliling serta klinik di Arafah.


Tenaga  medis dan teknis juga bersiap untuk memastikan keselamatan jamaah dan siap menangani  penyakit terkait panas seperti stroke. Untuk menurunkan cuaca panas, di Arafah dan Mina telah disediakan semprotan air dengan pipa. Hal ini untuk menghindari dehidrasi.

Bagi jamaah haji yang sudah tiba di hotel  di Makkah menerima bingkisan  yang disediakan oleh Kementerian Haji dan Umrah. Isinya masker, pakaian  ihram, sajadah, tasbeh dan barang-barang kebersihan seperti alat cukur, alat perawatan pribadi, dan buku panduan untuk ziarah.

Menurut Mayor Jenderal Mohammed bin Wasl Al-Ahmadi, asisten komandan Pasukan Keamanan Haji untuk Masjidil Haram dan Keamanan, rencana keamanan haji didasarkan pada empat pilar: Organisasi, keamanan, kemanusiaan, dan perawatan kesehatan.

Pasukan Keamanan Haji telah menetapkan mekanisme  masuk dan keluar dari dan ke Masjidil Haram selama ziarah.(arabnews|azka)