Lulusan MAN IC Kendari Diterima di Perguruan Tinggi Unggulan


Lulusan MAN IC Kendari

Tahun 2020 merupakan tahun kedua Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Kendari meluluskan alumninya,  untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi (PT) unggulan, baik di level lokal Sulawesi Tenggara (SULTRA) maupun di level nasional bahkan di level internasional.
Pihak madrasahpun tidak tinggal diam membiarkan siswa alumninya mencari sendiri PT dimana mereka akan melanjutkan pendidikannya. Namun pihak madrasah masih bertanggungjawab membimbing dan mengarahkan siswan alumninya melanjutkan studinya di perguruan tinggi yang tidak hanya cocok secara minat tapi juga bonafide.
 Abd. Basit selaku Kamad selalu mendorong siswa lulusan MAN IC agar dapat melanjutkan pendidikannya ke PT favorit dalam maupun luar negeri.
 “Lulusan MAN IC tidak boleh hanya mencukupkan menuntut ilmu di daerah sendiri, sebab bagaimana mungkin kita ingin memiliki wawasan luas bahkan menguasai dunia jika kita tidak keluar sejauh-jauhnya dari daerah,” kata Basit saat memberi motivasinya dalam sebuah pertemuan.
Ditahun yang lalu, beberapa alumni pertama MAN IC Kendari tercatat  kuliah di beberapa perguruan tinggi lokal seperti di Universitas Halu Oleo (UHO). Mereka tersebar di beberapa fakultas diantaranya  di Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, FKIP, FMIPA dan FISIP.
Di luar Sultra terdapat beberapa siswa yang  kuliah di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Universitas Trisakti Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Jokjakarta dan seorang siswa yang lolos beasiswa luar negeri di Rusia. Itulah kondisi lulusan tahun pertama MAN IC Kota Kendari.
Ditahun ini, sampai berita ini ditulis  tercatat ada 13 alumni MAN IC Kendari dinyatakan lolos di perguruan tinggi unggulan. Baik melalui SNMPTN, SPAN PTKIN maupun melalui seleksi beasiswa prestasi.
Diantaranya adalam diterima di Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Makassar, Universitas Sampoerna, Universitas Pertamina, UIN Yogyakarta, UIN Makassar, dan IAIN Kendari. (kemenag|ulul).