Madrasah Aliyah Kian Menunjukkan Prestasinya

foto kemenag
BRNews.id - Lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) kini semakin banyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri bahkan ada yang diterima di luar negeri dengan program beasiswa. Hal ini mendakan makin berkualitas dan berprestasinya MAN.




Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan bahwa pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di DKI Jakarta semakin maju dan berprestasi.

“Bahkan, 24 lulusan MAN 4 yang terletak di Pondok Pinang Jakarta Selatan, tahun lalu melanjutkan kuliahnya di luar negeri dengan program beasiswa,” kata Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) DKI Jakarta, Nur Pawaidudin di Jakarta, Selasa (7/5/2019).
“96 persen lulusan MAN 13, tahun lalu diterima di PTN,” lanjutnya.

Menurut Pawaidudin, di Jakarta terdapat 22 MAN, semuanya reguler, tidak ada yang secara regulasi (SK) berstatus unggulan. Namun, keunggulan  MAN di Jakarta tercermin dari kualitas dan prestasi lulusannya.



Selain MAN 4 dan MAN 13, di Jakarta juga ada MAN 12 yang memiliki keunggulan dari sisi hafalan Alquran. Di Jakarta Pusat ada MAN 3 dengan kekhususan robotik. Ada juga MAN Al-Azhar Asy-Syarif dengan kekhususan agama.

“MAN Al-Azhar Asy-Syarif bahkan sejak lama bekerjasama dengan Mesir," papar Nur Pawaidudin.
Nur Pawaidudin memastikan kualitas pendidikan MAN di Jakarta tidak kalah dengan sekolah lainnya. "Karena kami menerapkan sekurangnya 200% kurikulum, 100% kurikulum Kemenag dan 100% kurikulum Kemendikbud. Kami bukan hanya mencetak siswa yang memiliki intelektualitas tinggi, tetapi juga akhlak yang baik," tegas dia.

Penerimaan siswa baru Madrasah tahun ini sudah dimulai sejak 7 Mei 2019. "Kami pastikan tidak ada titip-titipan dalam penerimaan siswa baru Madrasah Aliyah Negeri. Sebab semuanya online dan terpusat di Kanwil," jelas Nur Pawaidudin.

Ia mengajak orang tua untuk memasukkan putra-putri yang sudah lulus MTS atau SMP untuk melanjutkan pendidikannya di Madrasah Aliyah. Pendaftaran dibuka hingga 10 Mei untuk jalur prestasi. Sementara untuk jalur reguler, pendaftaran 10 - 14 Juni.

"Jangan galau, jangan risau memasukkan putra-putrinya ke Madrasah. Sebab, saat ini lulusan Madrasah Aliyah Negeri semakin banyak yang diterima di PTN baik di UI, ITB, UIN dan bahkan melanjutkan ke luar negeri dengan beasiswa," tandasnya. (kemenag/azka).

Post a Comment for "Madrasah Aliyah Kian Menunjukkan Prestasinya"