UPZ Kemenag Bojonegoro Beri Bantuan Sapi Pada Keluarga Tidak Mampu

BRNews.id - UPZ Kantor Kemenag Kabupaten Bojonegoro sedang memantau ternak sapi  yang dikelola oleh para pemelihara di beberapa kecamatan di Bojonegoro yang tergolong kurang mampu.  



Pengawasan terhadap pelaksanaan program menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pengelolaan UPZ. Tim pemantau yang terdiri Kepala Kantor Kementerian Kabupaten Bojonegoro M. Syamsuri, Kasubag TU M. Muhlisin Mufa, serta Kasi Bimas Islam Wahid Priyono melaksanakan pemantauan tiga tahap yaitu tanggal 27 Pebruari 2019, 5 Maret 2019 dan 13 Maret 2019 ke lokasi penerima bantuan sapi bergulir di wilayah Kecamatan Margomulyo, Ngraho, Ngasem dan Bubulan. Bantuan sapi ada 5 orang atas nama Ismail, Kasiran, Ali Nugroho, Sarno dan Atin.
 
Pendayagunaan Zakat merupakan salah satu tugas dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam pentasyarufan zakat yang telah dikumpulkan. Salah satu porgram UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro adalah untuk pemberdayaan ekonomi produktif bagi masyarakat yang kurang mampu dengan memberikan bantuan sapi bergulir.



Nur Alam, Penyelenggara Syariah  selaku ketua UPZ menyebutkan, tujuan digulirkannya program ini adalah untuk membantu  keluarga yang tidak mampu dengan memberikan kegiatan yang produktif sebagai upaya mengangkat ekonomi dengan harapan ada nilai tambah dari penghasilan sehari-hari yang mereka terima.

Adapun bantuan sapi ini ada komitmen bersama antara penerima bantuan dengan pihak pemberi bantuan yaitu menjaga amanah (kepercayaan) serta menandatangani Pakta Kesepahaman (MoU) bahwa induk sapi menjadi milik penerima bantuan, sedangkan anaknya akan digulirkan kembali ke keluarga lain yang kurang mampu sehingga dalam kurun waktu 3-4 tahun akan terus bertambah penerima manfaat dari bantuan sapi ini, dengan cara seperti itu bisa membantu kepada yang lain. (kemenagjatim/alfa).

Post a Comment for "UPZ Kemenag Bojonegoro Beri Bantuan Sapi Pada Keluarga Tidak Mampu"