96 Siswa MI Ikuti KSM se KKM Madrasah Ibtidaiyah 7 Pandeglang

foto kemenag banten
BRNews.id - Sebanyak 96 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) se-KKM MI 7 Pandeglang yang dilaksanakan Sabtu (2/3/2019), di MI Hidayatul Mubtadiin Sobang. 



Para siswa ini berasal dari 24 MI anggota KKM MI 7 Pandeglang yang masing-masing mengirimkan 4 siswa sebagai peserta.
 
Dalam ajang kompetisi yang baru 3 kali digelar di KKM MI 7 Pandeglang ini hanya ada 2 mata pelajaran yang dilombakan, yaitu IPA dan matematika. Tampak hadir Pengawas Madrasah Aneng, Ketua KKM MI 7 Pandeglang H. Rafiudin, para kepala madrasah dan guru se-KKM MI 7 Pandeglang.

Menurut ketua panitia M. Fauzan, KSM dilaksanakan untuk menyeleksi calon perwakilan KKM MI 7 Pandeglang dalam mengikuti KSM tingkat Kabupaten Pandeglang tahun 2019. 

Selain itu event ini diselenggarakan dengan tujuan menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, memotovasi siswa agar meningkatkan kemampuan belajar dan menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa untuk mendorong kreatifitas dan prestasi.



Ketua KKM MI 7 Pandeglang H. Rapiudin dalam sambutannya memotivasi para peserta untuk terus meningkatkan kemampuan dan mental mereka sehingga dapat lebih berprestasi di event yang lebih tinggi. Menurut H. Rafiudin, meskipun KKM MI 7 Pandeglang baru 3 kali mengikuti KSM tingkat kabupaten, namun sudah mampu menorehkan prestasi yang membanggakan. 

“Alhamdulillah tahun 2017 kita mampu bersaing di tingkat kabupaten. Bahkan di tahun 2018 kita sampai ke tingkat provinsi. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa menembus tingkat nasional,” ujar H. Rapiudin.

“Oleh karena itu, saya meminta Kepala Madrasah dan guru se-KKM MI 7 Pandeglang agar lebih meningkatkan bimbingan kepada para siswa-siswinya agar harapan kita semua bisa terwujud,” jelas H. Rapiudin.

Motivasi juga diberikan oleh Aneng, Pengawas Madrasah wilayah Kecamatan Sobang, Panimbang, dan Sukaresmi. Menurut Aneng, peserta KSM harus memiliki rasa percaya diri jika ingin meraih prestasi terbaik karena percaya diri adalah modal utama seorang juara. 



Selain itu, peserta juga harus mempersiapkan diri sungguh-sungguh dengan cara belajar dan berlatih sehingga mampu bersaing dengan madrasah atau KKM lain.

Aneng menambahkan, ajang tahunan ini merupakan modal bagi madrasah untuk menarik simpati masyarakat. 

“Jika madrasah berpresatasi, masyarakat pasti ingin menyekolahkan anaknya ke madrasah tersebut. Sebaliknya, jika madrasah kita tidak memiliki prestasi maka masyarakat juga ragu atau bahkan enggan memasukan anaknya ke madrasah kita,” jelas Aneng.

Di akhir kegiatan, MI Hidayatul Mubtadiin dan MI Sulamul Falah berbagi piala kejuaraan. M. Khairul Ghaza dan Wafi Abdullah dari MI Hidayatul Mubtadiin menjadi juara I dan II mata pelajaran IPA, disusul Siti Nurasiah dari MI Sulamul Falah sebagai juara III. 

Sedangkan di mata pelajaran Matematika juara I diraih M. Hafiz Irodatur Rohman dari MI Sulamul Falah, disusul Fina Nabiah Sruwet dari MI Hikmatul Hasanah dan Candra Andi dari MI Riyadlut Tholibin sebagai juara II dan juara III. (kemenag/alfa).

Post a Comment for "96 Siswa MI Ikuti KSM se KKM Madrasah Ibtidaiyah 7 Pandeglang"