Kunker ke Yogyakarta, Komisi VIII DPR RI Serahkan Bantuan PKH Senilai 276 Milyar

kemenag diy
BRNews.id - Daerah Istimewa Yogyakarta kembali mendapat Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI,  di Gedung Pracimasono Komplek Bangsal Kepatihan DIY, Kamis (14/2/2019). 



Rencananya selama di DIY, rombongan yang dipimpin Dr. H. TB. Ace Hasan Syadzily, M,Si ini akan mengunjungi beberapa lokasi. Antara lain Taman Pintar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Program Keluarga Harapan di Kecamatan Gamping Sleman, dan terakhir di KUA Wirobrajan Kota Yogyakarta.

Dilansir website Kemenag DIY, rombongan Komisi VIII DPR RI diterima Wakil Gubernur Sri Paduka Paku Alam X didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu, dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DIY yaitu Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Juga pimpinan instansi vertikal seperti Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Edhi Gunawan, Pimpinan BAZDA DIY, Kepala Badan Wakaf Indonesia, Direktur Bank BPD DIY, Pengurus Asrama Haji DIY, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat DIY. 

Dari Komisi VIII DPR RI selain Ace Hasan Syadzily, hadir mendampingi Wakil Ketua Tim Sodik Mudjahid dan 14 anggota Komisi VIII DPR RI lainnya.

Dalam kesempatan ini, Ace Hasan memaparkan secara nasional Program Keluarga Harapan (PKH), mengalami kenaikan dari 18 triliyun menjadi 32 triliyun. “Komponennya juga bertambah untuk pendidikan, layanan kesehatan, dan kesejahteraan sosial,” tandasnya. 

“Salah satu diantara komitmen Komisi VIII untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Di DIY Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tercatat 218.348, dan kami serahkan dana Rp 275.906.025.000 untuk menanggulangi kemiskinan di DIY,” jelasnya.



Sementara itu Anggito Abimanyu menjelaskan Asrama Haji Transit DIY pernah mendapatkan bantuan berupa furniture dan perbaikan atap karena sempat retak akibat gempa pada tahun 2013. “Sekarang kondisi asrama haji terlihat megah,” kata Anggito yang pernah menjabat sebagai Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag DIY.

“Kalau pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) sudah rampung, maka Asrama Haji Yogyakarta akan menjadi tempat penampungan sementara sebelum diberangkatkan ke Embarkasi,” tegasnya. 

“Asrama Haji Transit Yogyakarta termasuk yang paling banyak peminatnya karena letaknya cukup strategis. Dan itu merupakan gedung yang dibangun dari uang jamaah haji sebagai wujud kebanggaan masyarakat DIY,” ungkap Anggito lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kakanwil Edhi Gunawan menyampaikan beberapa hal terkait kualitas peningkatan pondok pesantren dan tingkat kesejahteraan guru PNS non-sertifikasi. “Harapan kami bisa mendapat angin segar dari Komisi VIII DRP RI,” tandasnya. Edhi juga menyampaikan tentang tantangan Yogyakarta untuk terus mempertahankan predikat City of Tolerance. (tnf/bap)

Post a Comment for "Kunker ke Yogyakarta, Komisi VIII DPR RI Serahkan Bantuan PKH Senilai 276 Milyar"