FKUB Majalengka Gelar Study Banding Kerukunan ke Kota Salatiga

kemenag majalengka
BRNews.id - Forum Komunikasi Umat Beragama Kabupaten Majalengka Jawa Barat, melakukan rangkaian studi banding dalam hal kerukunan umat beragama ke Kota Salatiga, Jawa Tengah.


Seperti diungkapkan Asisten Daerah Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemda Kab. Majalengka Drs. H. Abdul Gani, M.Si. bahwa  kegiatan kunjungan kerja Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kab. Majalengka yang bertempat di rumah dinas Walikota Salatiga, Kamis (7/2) dalam rangka belajar dan menambah wawasan mengenai toleransi dan kerukunan ummat beragama di Kota Salatiga.

"Kami mendapatkan informasi bahwasanya Salatiga merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki ragam agama dan suku bangsa dengan nuansa dan suasana toleransi terbaik. Oleh karena itu, layak kiranya bagi kami untuk menimba ilmu dan bertukar pikiran sebagai bekal pengembangan toleransi umat beragama di wilayah kami Kabupaten Majalengka," ungkap Abdul Gani seperti dilansir website Kemenag Jawa Barat.


Kehadiran FKUB Kab. Majalengka di Kota Salatiga langsung diterima Walikota Salatiga H. Yulianto, SE. MM. Kepala Kantor Kemenag Salatiga, Drs. H. Fahrudin, M.Ag. Unsur Forkopimda Salatiga, dan jajaran pengurus FKUB Salatiga.

Lebih lanjut Abdul Gani memaparkan tentang kondisi dan keberadaan peran FKUB yang ada di Majalengka. Menurutnya, sebelum terbentuk FKUB di Majalengka telah terbentuk Forum Komunikasi Pemuka Agama (Forkoma). Yang hanya terdiri dari unsur tokoh lintas agama.

Namun seiring dengan perkembangannya dan di beberapa wilayah telah terbentuk FKUB, terangnya lagi, Kabupaten Majalengka juga merubah Forum sebelumnya menjadi FKUB yang diisi bukan hanya para pemuka lintas agama saja, namun sudah dilengkapi dengan unsur ormas keagamaan dan dinas atau instansi terkait di dalamnya.

Selain hal tersebut, Abdul Gani juga menyampaikan kondisi Majalengka dari berbagai unsur, baik kondisi ekonomi, pendidikan, kewilayahan, kepemerintahan, dan juga sosial budaya serta pariwisatanya.

"Alhamdulillah, Majalengka saat ini sedang terus berbenah dalam berbagai bidang. Majalengka sedang menuju kota yang maju. Hal tersebut terbukti dengan diberikan kepercayaan kepada kota Majalengka menjadi tempat dibangunnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Hal tersebut merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Majalengka untuk memiliki keunggulan di berbagai sektor terutama ekonomi, pendidikan, budaya dan sektor pariwisatanya," tuturnya.

"Semoga dengan kunjungan Silaturrahim ini, kami bisa membawa oleh-oleh yang dapat membantu kami untuk mewujudkan Kabupaten Majalengka termasuk Kabupaten yang memiliki toleransi dan kerukunan ummat beragama yang lebih baik dan lebih maju sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh Kota Salatiga. Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada bapak Walikota dan jajarannya yang telah bersedia menerima kunjungan silaturrahim kami dan semoga hal ini tidak hanya saat ini tapi akan menjadi silaturrahim yang berkelanjutan," jelas Gani. (azka/alfa).

Post a Comment for "FKUB Majalengka Gelar Study Banding Kerukunan ke Kota Salatiga "