Jelang UNBK, MAN 2 Kukar Gembleng Siswa dengan Simulasi

kemenag kaltim
BRNews.id - Jelang Ujian Nasional, MAN 2 Kutai Kartanegara menyelenggarakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diikuti oleh 220 siswa yang berasal dari jurusan IPA, IPS, dan Keagamaan.


Simulai UNBK di MAN 2 Kukar dilaksanakan selama tiga hari dengan menggunakan dua ruang Laboratorium Komputer yang dimulai dari 18-20 Desember 2018 yang terdiri dari 3 sesi dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris.

Menurut Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Ummi Puji Astutik, S.Pd., M.Si, persiapan calon peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) harus lebih dimatangkan lebih awal melalui simulasi. Sebab, ujian dengan sistem computer based test (CBT) tahun ajaran ini bakal digelar lebih maju, yakni pada Maret-April.

”Memang, jadwal UNBK tahun ini agak lebih maju dari tahun lalu, untuk UNBK tahun 2019 akan digelar pada 1, 2, 4 dan 8 April”  paparnya, Selasa (18/12).

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kukar, Samuri, S.Pd., M,Si menyatakan bahwa tujuan dari Simulasi UNBK ini adalah untuk mengenalkan para siswa, guru pengawas, dan proktor beserta teknisi terhadap mekanisme penyelenggaraan ujian dan teknis operasional program UNBK. 


Diharapkan melalui simulasi ini, setiap peserta menguasai cara menggunakan perangkat lunak komputer dalam menjawab soal-soal yang diberikan.

“Jadi secara teknis simulasi ini bertujuan untuk mempersiapkan semua hal dan kondisi yang akan terjadi pada UNBK pada April 2019 mendatang. Melalui simulasi ini siswa, pengawas dan proktor harus sudah terbiasa menggunakan sistem yang akan dipakai, serta kami juga akan melengkapi segala infrastruktur yang dibutuhkan dalam memperlacar ujian ini” ucap Samuri

Ditambahkan Samuri, pelaksanakan UNBK pada tahun 2019 mendatang merupakan pelaksanaan yang ke 3 kalinya di MAN 2 Kukar. Pengalaman UNBK yang telah dilaksanakan sebelumnya diharapkan dapat memperlancar proses ujian selanjutnya. (kemenag kaltim/rz).

Post a Comment for "Jelang UNBK, MAN 2 Kukar Gembleng Siswa dengan Simulasi "