Kloter 3 PLM Diberangkatkan, 91,7 % Berisi Jemaah Risti

Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan. Foto Kemenag Sumsel
Sebanyak 447 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 3 embarkasi palembang sekitar pukul 08.50 WIB diberangkatkan ke tanah suci.

Kloter 3 ini terdapat jemaah yang masuk kategori resiko tinggi (Risti)  tercatat cukup banyak, yakni mencapai 91,7 persen atau 410 orang. 

Rinciannya, Risti karena usia 9 orang, Risti karena penyakit 232 orang, dan Risti karena penyakit plus usia sebanyak 169 orang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan saat melepas kloter 3 asal Kota Palembang  mengatakan bahwa ibadah haji tidak cukup modal niat dan semangat semata, tetapi juga dibutuhkan fisik yang sehat. 

Karenanya, dia berpesan kepada jemaah untuk selalu menjaga kesehatan. 

“Pada kesempatan hari ini saya ucapkan selamat, niat kita ibadah haji, kurangi aktifitas yang tidak sesuai dengan rukun dan syarat haji, fokus laksanakan rukun dan wajib haji,” pesan Syafitri.

Dia juga berpesan kepada jemaah untuk banyak minum air putih agar tidak dehidrasi serta memperhatikan kesehatan masing-masing. Bila butuh bantuan, jangan sungkan meminta bantuan petugas. Petugas siap membantu jemaah. 

“Minum jangan menunggu haus, penuhi syarat minum per hari agar tidak dehidrasi. Itu penting agar stamina bapak/ibu terjaga. Yang penting tidak hanya niat dan semangat tapi bapak ibu perhatikan kesehatan masing masing. Niat kita ada tetapi kita sakit, maka rangkaian ibadah haji bisa jadi terhambat,” katanya. 

Syafitri mengingatkan pula agar jemaah haji tidak bepergian sendirian, melainkan dengan mengajak teman. Terutama jemaah yang sudah lanjut usia. 

“Yang berusia di atas 65 tahun mau ke mana saja jangan sendirian, jangan dewekan. Nasehat-nasehat yang lain mungkin sudah banyak didapat dari pembimbing ibadah, perbanyak istighfar, shalawat, moga diberkahi perjalanannya, sehat walafiat dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” begitu harapan Kakanwil Kemenag Sumsel. 

Hadir saat pelepasan, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel  Armet Dachil, Pengelola Asrama Haji Rebo iskandar Pohan, Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas 1 Palembang Emmilya Rosa, serta unsur PPIH.  (kmg|ulul|alfa) 

Post a Comment for "Kloter 3 PLM Diberangkatkan, 91,7 % Berisi Jemaah Risti"