Hari Ini Jamaah Kloter 1 Embarkasi Makassar Masuk Asrama Haji Sudiang

Apel persiapan penyambutan kedatangan jamaah haji di Asrama Haji Sudiang Makassar. Foto Kemenag
Operasional haji 1444H/2023M dimulai hari ini, Selasa, 23 Mei 2023. Hal ini ditandai dengan kedatangan jemaah haji di beberapa embarkasi, salah satunya di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Makassar masuk ke Asrama Haji Sudiang pada Selasa, 23 Mei 2023 pukul 08.00 WITA. Mereka selanjutnya akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada Rabu, 24 Mei 2023.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan Khaeroni, di Asrama Haji Sudiang, Makassar  menjelaskan, pada musim haji 1444H/2023M, Embarkasi Makassar akan melayani jemaah haji dari delapan provinsi.

"Embarkasi Makassar insyaAllah siap melayani Jemaah haji dari delapan lrovinsi di Indonesia Timur. Yakni, Provinsi Sulsel, Sulbar, Sultra, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat," ungkap Khaeroni, Senin (22/5/2023).

"Seluruhnya, total ada 15.884 jemaah haji yang terdiri dari 41 kloter. 7. 272 orang di antaranya merupakan Jemaah Haji asal Provinsi Sulawesi Selatan," imbuh Khaeroni dalam keterangannya.

Selaku Ketua PPIH Embarkasi Makassar Khaeroni mengatakan, kloter pertama diisi oleh jemaah haji dari Kota Makassar sebanyak 393 orang. Dengan rincian 388 orang jemaah ditambah lima orang Petugas Kloter. 

"Kloter ini akan diterbangkan pada tanggal 24 Mei 2023 pukul 01.55 Wita dini hari," jelas Khaeroni.

Sebagai persiapan dimulainya operasional haji di Asrama Haji Sudiang Makassar dilakukan Apel PPIH  diikuti oleh ratusan petugas yang berasal dari berbagai instansi terkait. 

Di antaranya, Pemerintah Provinsi Sulsel, Kanwil Kemenag Sulsel, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar, Imigrasi, dan sebagainya.

Asisten 1 Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Aslam Patonangi yang bertindak sebagai inspektur Apel Siaga tersebut menyampaikan beberapa hal.

"Seluruh komponen yang terkait dengan operasionalisasi haji diharapkan berpartisipasi aktif, terutama dalam memperlancar dan membantu penyelesaian setiap urusan dan masalah jemaah, terutama lansia," ungkap Aslam.

Aslam Patonangi mengatakan, tantangan dan hambatan pasti akan ditemui. Namun demikian, kata dia, semuanya bisa diatasi jika panitia saling berkoordinasi, bekerjasama dengan seluruh stake holeder terkait.

Diakhir amanat Gubernur yang dibacakannya, Aslam Patonangi mengimbau kepada seluruh panitia untuk melakukan penyempurnaan tata kelola dan peningkatan layanan. 

"Ini agad Embarkasi Makassar kembali bisa meraih predikat sebagai Embarkasi terbaik di Indonesia,’’ pungkasnya. (kmg|ulul|alfa).

Subscribe to receive free email updates: