Bupati Kebumen Launching Forum Komunikasi Pemberdayaan Masjid untuk Umat

Bupati Kebumen meresmian Forum Komunikasi Masjid untuk Umat Kabupaten Kebumen, Jumat (9/9/2022). Foto Kemenag Kbumen
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meresmikan Forum Komunikasi Pemberdayaan Masjid untuk Umat. Forum ini dibentuk oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen (Kemenag Kebumen) bersama Pemkab Kebumen.  

Kepala Kankemenag Kebumen Ibnu Asaddudin menyatakan, forum ini untuk mendorong pemberdayaan masjid sebagai pusat peradaban Islam dan pusat layanan umat.

Dengan terbentuknya forum ini, tutur Ibnu, diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat, utamanya para takmir, agar menjadikan fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah mahdlah saja.

"Namun juga menjadi pusat layanan umat," katanya  usai  peresmian forum tersebut di Pendopo Bupati Kebumen,  Jumat (9/9/2022). 

Turut hadir dalam peresmian jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Ketua PCNU K.H. Dawammudin Masdar, pimpinan daerah Muhammadiyah KH. Abduh Hisyam, serta para pengurus takmir di kabupaten Kebumen.

Ibnu menyebutkan, pembentukan forum komunikasi ini diilhami semangat Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melalui visinya yaitu Mewujudkan Kabupaten Kebumen Semarak. Ini sejalan dengan tema peringatan hari jadi ke – 393 kabupaten Kebumen yaitu Maju Serempak Mewujudkan Kebumen Semarak, Mandiri, Berakhlak, Bersama Rakyat.

“Dan yang bisa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen persembahkan, salah satunya dengan mendorong gerakan masyarakat peduli masjid melalui Forum Komunikasi  Pemberdayaan Masjid Untuk Umat kabupaten Kebumen," terangnya. 

Ibnu  berharap, masjid-masjid yang ada di Kabupaten Kebumen dapat berdaya dan meniru apa yang dicontohkan Rasulullah beserta para sahabatnya. 

Pada masa kepemimpinan Rasulullah, tambah Ibnu, fungsi masjid juga digunakan sebagai sarana pembinaan iman, pembinaan masyarakat islam, memperkokoh ukhuwah islamiyah, sarana perjuangan dan tarbiyah. Bahkan kala itu lanjut Ibnu, masjid juga digunakan sebagai tempat bermusyawarah mengatur strategi perang. 

“Alhamdulillah hingga hari ini sudah ada 42 masjid di Kebumen yang tergabung dalam forum ini dan siap bersama-sama membangun menejemen masjid yang baik agar terwujud pemberdayaan umat. Mudah-mudahan akhir tahun ini tercapai target 90 persen masjid yang tergabung,” ungkap Ibnu.

Untuk mencapai target tersebut, ia menerjunkan 230 Penyuluh Agama Islam Kemenag Kebumen untuk melalukan pendampingan dan pembinaan.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengapresiasi pembentukan forum ini. ‘’Dengan program ini maka masjid juga akan melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan," ujar Bupati Kebumen. 

"Di mana nantinya akan ada infak yang betul betul difokuskan untuk kegiatan keumatan seperti peningkatan gizi masyarakat, penanganan kemiskinan, stunting dan juga pembangunan Rumah Tidak Layak Huni, dan juga masyarakat yang membutuhkan kepedulian sosial,"ujar Bupati Arif. (kmg|ulul)

https://kemenag.go.id/read/kemenag-kebumen-bentuk-forum-komunikasi-pemberdayaan-masjid-untuk-umat-5v4pj

Subscribe to receive free email updates: