Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Tinggal 10 Persen Lagi yang Belum Pulang

Jamaah haji kloter 34 SUB tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Foto PPIH Surabaya
Dengan mendaratnya maskapai penerbangan Saudia Airline yang mengangkut jamaah haji yang tergabung dalam kloter 34 pada Selasa (9/8/2022) pukul 16.55 WIB, maka sejumlah 15.229 orang  jemaah haji dan petugas, telah sampai di tanah air melalui Asrama Haji Surabaya.

"Jemaah dan petugas yang berangkat ke tanah suci ada 16.835 orang tergabung dalam 38 kloter. Sudah 90 persen jemaah haji yang kita proses kepulangannya  di Asrama Haji Debarkasi Surabaya," kata Abdul Haris, Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, dikutip situs Kemenag Jatim.

"Hari ini sudah 34 kloter tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya. Empat kloter lagi yang masih di tanah suci. Dikurangi 23 orang jemaah yang meninggal, maka ada 1.583 jemaah yang akan berangkat dari Madinah " ujar Haris lagi.

Ia juga mengungkapkan, bahwa ada 2 orang jamaah yang sakit dan di rawat di Arab Saudi, yaitu jemaah kloter 9 dari Tulungagung dan jemaah kloter 23 dari Pamekasan.

"Mudah-mudahan dapat segera pulang dan berkumpul kembali bersama keluarganya," kata Haris.

Dari pantauan kesehatan jemaah, seorang jemaah dari kloter 31 yang sebelumnya di rawat di RS Haji Surabaya sudah pulang kemarin (Senin, 8/8/2022). Namun ada 1 orang dari kloter 33 yang dirawat di RS Haji Surabaya.

Sedangkan jemaah terkonfirmasi positif covid pada kloter 21 sampai kloter 34, tidak ada penambahan jumlah.

"Jadi pada kepulangan jemaah haji gelombang dua ini, ada 4 orang yang positif covid, yaitu dua orang dari kloter 27, satu orang dari kloter 28, dan satu orang dari kloter 31," pungkas Haris. (kmg|alfa)

Subscribe to receive free email updates: