HADIS: Inilah Ciri Orang yang Mulia Di Sisi Allah


Sesungguhnya hanya orang yang bertakwa diantara kalian yang paling mulia di sisi Allah SWT, sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam yang menerangkannya.

قَالَ الْبُخَارِيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَامٍ، حَدَّثَنَا عَبْدَةُ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ، عَنْ سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ النَّاسِ أَكْرَمُ؟ قَالَ: "أَكْرَمُهُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاهُمْ" قَالُوا: لَيْسَ عَنْ هَذَا نَسْأَلُكَ. قَالَ: "فَأَكْرَمُ النَّاسِ يُوسُفُ نَبِيُّ اللَّهِ، ابْنُ نَبِيِّ اللَّهِ، ابْنِ خَلِيلِ اللَّهِ". قَالُوا: لَيْسَ عَنْ هَذَا نَسْأَلُكَ. قَالَ: "فَعَنْ مَعَادِنِ الْعَرَبِ تَسْأَلُونِي؟ " قَالُوا: نَعَمْ. قَالَ: "فَخِيَارُكُمْ فِي الْجَاهِلِيَّةِ خِيَارُكُمْ فِي الْإِسْلَامِ إِذَا فَقِهُوا"

Artinya: Imam Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Salam, telah menceritakan kepada kami Abdah, dari Ubaidillah, dari Sa'id ibnu Abu Sa'id Radhiyallahu Anhu, dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam pernah ditanya mengenai orang yang paling mulia, siapakah dia sesungguhnya? 

Maka Rasulullah Shalallahu'alaihi Wasallam menjawab: Orang yang paling mulia di antara mereka di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. 

Mereka mengatakan, "Bukan itu yang kami maksudkan." Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda: Orang yang paling mulia ialah Yusuf Nabi Allah, putra Nabi Allah dan juga cucu Nabi Allah, yaitu kekasih Allah. 

Mereka mengatakan, "Bukan itu yang kami maksudkan." Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam balik bertanya, "Kamu maksudkan adalah tentang kemuliaan yang ada di kalangan orang-orang Arab?" 

Mereka menjawab, "Ya." Maka Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda: Orang-orang yang terhormat dari kalian di masa Jahiliah adalah juga orang-orang yang terhormat dari kalian di masa Islam jika mereka mendalami agamanya. (mnm)

#Dari tafsir ibnu katsir syarh surah al-Hujurat ayat 13

Subscribe to receive free email updates: