Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

776 Jamaah Haji Kota Depok Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Jamaah haji Kota Depok
Menurut keterangan Yuli Rahmawati, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Depok, Yuli Rahmawati menyatakan kesiapannya untuk memberangkatan calon jemaah haji ke tanah suci. 

Ia mengatakan, pada musim haji 2022 ini kuota haji Kota Depok sebanyak 776 orang yang di perkirakan akan diberangkatkan pada tanggal 4 juni 2022 dan merupakan Kloter pertama Jawa Barat.

Disebutkan, calon jemaah haji (Calhaj) yang akan berangkat tahun ini, merupakan calon jemaah haji yang keberangkatannya tertunda pada 2020 akibat pandemi Covid-19.

Yuli Rahmawati menjelaskan,  sejak tanggal 9-20 Mei 2022 adalah masa pelunasan bagi para calon jemaah yang akan di berangkatkan dan tahun ini agak berbeda dengan sebelumnya. Di mana sebelumnya jemaah harus datang ke bank untuk proses pelunasan maka untuk tahun ini disederhanakan.

Kalau tahun sebelumnya calon jemaah yang berhak lunas harus ke bank untuk menyerahkan foto, KTP kemudian minta bukti pelunasan ke Kemenag maka tahun ini tidak lagi. 

"Jadi cukup dari Kemenag memberikan data ke bank untuk di proses dan nanti secara otomatis masuk di Siskohat kemudian dari Kemenag hanya tinggal meminta bukti fisik bukti setoran lunas per tahun 2022,” tutur Yuli dilansir situs Kemenag Jabar.

Sementara untuk pelaksanaan manasik haji masih dalam tahap persiapan dan baru bisa di laksanakan di atas tanggal 20 setelah diketahui secara pasti data jemaah yang akan berangkat berdasarkan hasil verifikasi dari bank dan berapa yang membatalkan. 

Menurut Yuli, manasik haji akan dilaksanakan sebanyak 6 kali, yaitu 2 kali di tingkat Kota dan 4 kali di masing-masing kecamatan yang akan dilakukan secara simultan dikarenakan waktunya yang sangat sempit antara pelaksanaan manasik dan waktu pemberangkatan. 

Setelah proses pelunasan selesai, barunya masuk pada tahap selanjutnya yaitu pengurusan visa, dan diupayakan 10 hari sebelum keberangkatan visa sudah beres.

Hal penting yang perlu diketahui oleh para Calhaj, tambah Yuli, yaitu syarat untuk batas pelunasan Bipih adalah dari tanggal 9-20 Mei 2022 , jika terlambat untuk melakukan pelunasan maka akan di tunda keberangkatannya.

Bagi para Calhaj yang tidak mengambil uang pelunasan haji-nya  tahun 2020, maka tidak ada tambahan dari selisih biaya pelunasan haji tahun 2022 karena sudah diambil dari nilai manfaat dana yang ada di bank. 

Sedangkan bagi yang sudah diambil ongkos pelunasannya maka harus menyesuaikan biaya pelunasannya dengan selisih biaya ongkas haji yang berlaku sekarang.

Yuli Rahmawati meminta doanya agar tidak ada kendala dan semuanya bisa berjalan dengan lancar. Seksi PHU terus berupaya secara maksimal untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para calon jemaah haji. 

Yuli juga menghimbau kepada masyarakat untuk membantu menginformasikan jika ada tetangga, kerabat, saudara nya yang sudah dapat diberangkatkan agar segera memenuhi semua persyaratan untuk pemberangkatan karena waktu antara persiapan dan penyelenggaraan haji tahun ini yang sangat sempit. (kmg|ulul)

Post a Comment for "776 Jamaah Haji Kota Depok Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci"