Ketua DPR Resmikan Rumah Susun Pondok Pesantren Al-Qur'an Azzayadiy Sukoharjo

Peresmian Rusun Ponpes Azzayadiy Sukoharjo
Rumah Susun (Rusun) Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Quran Azzayadiy di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, diresmikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Rabu (19/1/2022).

Rusun ponpes itu dibangun atas usulan Puan saat dirinya masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

“Setelah diresmikan, tolong dipelihara baik-baik. Gedung dan ruangan harus dijaga agar terus bermanfaat,” kata Puan dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Puan menyampaikan kegembiraannya atas gotong royong dalam pembangunan Rusun Ponpes Al Quran Azzayadiy.

Pembangunan Rusun ini menghabiskan baiay Rp 12,7 miliar  melalui pembiayaan APBN. Satu tower untuk menampung 240 santri dan satu tower lainnya untuk 128 santriwati.

Fasilitas asrama di rusun dilengkapi dengan dipan, kipas angin, dan lemari. Setiap kamar terdapat dua lemari.

Puan meminta agar ponpes mendidik santri dan santriwati untuk memiliki akhlak yang baik dan terpuji agar bisa turut membantu membangun bangsa. 

Puan mengatakan pesantren adalah salah satu tempat utama bagi para santri dan santriwati untuk belajar dan mengembangkan diri.

“Untuk menjadi manusia Indonesia yang cerdas, inovatif, tangguh, berakhlakul karimah, dan cinta Tanah Air. Untuk menjadi manusia Indonesia yang merdeka sejati-sejatinya," harap Puan.

Puan mengingatkan ponpes dan seluruh santri agar menjaga rusun dengan protokol kesehatan ketat. Hal ini penting mengingat saat ini Indonesia masih berada dalam pandemi COVID-19.

“Kita tahu anak-anak kalau berkumpul biasanya suka bermain, suka mengobrol yang kadang-kadang jadi lupa dengan protokol kesehatan,” kata Puan lagi. (antara|ulul)

Subscribe to receive free email updates: